Implementasi Ekstrakurikuler Muhadharah Dalam Meningkatkan Public Speaking Siswa MTS Pondok Pesantren Modern Tajussalam Besilam

Authors

  • Siti Khadijah STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Nurmisda Ramayani STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.673

Keywords:

Ekstrakurikuler, Muhadharah, Public Speaking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi muhadharah dalam melatih public speaking santri di Pesantren Modern Tajussalam. Subjek dari penelitian ini adalah: Kepala Sekolah MTS, Pembina Muhadharah, Santri Putra dam santri putri. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pertama, kegiatan muhadharah yang dilakukan di Pesantren Modern Tajusssalam tidak hanya berpidato, namun menggunakan tata tertib acara dengan adanya MC, Pembacaan Al-Qur’an, pengambilan inti materi oleh perwakilan santri dari audien dan adanya hiburan. Keda, Kegiatan ini dapat melatih public speaking santri hal ini dapat dilihat dari kemampuan santri berbicara di depan umum yang dilakukan dimasyarakat maupun di tingkat sekolah untuk kelas tinggi.

 

References

Arikunto, Suharismi. Penelitian Kualitatif dan Kuatitatif. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2019.

—. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2019.

Eko Setiawan. “Strategi Muhadharah Sebagai Metode Pelatihan Dakwah Bagi Kader Da’i Di Pesantren Daarul Fikri Malang, .” Jurnal Pendidikan Islam, 2015: Vol. 14 No. 2 Oktober 2015. h 302.

Mustamu, Ronny H. “Menjadi Pembicara Publik Andal:Fenomena Public Speaker, Antara Kebutuhan dan Tren.” Jurnal komunikasi Islam, 2012: Volume 02 Nomor 02, Desember 2012), h 212.

Rahmat, Jalaludin. Public speaking kunci sukses bicara di depan public. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Siti Khadijah, & Nurmisda Ramayani. (2023). Implementasi Ekstrakurikuler Muhadharah Dalam Meningkatkan Public Speaking Siswa MTS Pondok Pesantren Modern Tajussalam Besilam. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 107–115. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.673