Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi

Authors

  • Andy Riski Pratama Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswandi Iswandi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Andika Saputra Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Rahmat Hidayat Hasan Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifmiboy Arifmiboy Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.642

Keywords:

Learning Cycle 5E, Aktivitas Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena aktivitas belajar siswa belum optimal sehingga siswa terlihat kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, alokasi waktu yang dibutuhkan guru masih kurang sehingga mengakibatkan transfer pengetahuan kepada siswa tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh learning cycle 5E terhadap aktivitas belajar pendidikan agama islam siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi dan sample di ambil dari 2 kelas XI yaitunya XI IPS 2 dan XI Ips 3. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi angket. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji t untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 81,14 dan rata-rata posttest kelompok kontrol adalah 69,23. Hasil analisis dengan menggunakan Independent Sample T-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai t-hitung sebesar 89,779 dan nilai t-tabel sebesar 2,750, serta taraf signifikansi sebesar 0.000. Jadi, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E berpengaruh aktif dan lebih baik daripada aktivitas belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas XI di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi.

References

Agustyaningrum, N. (2011, December). Implementasi model pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 377).

Andriani, Asna. "Kecerdasan emosional (emotional quotient) dalam peningkatan prestasi belajar." EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal) 2.1 (2014): 86-99.

Asmuni, Asmuni. "Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e untuk Meningkatkan Aktivitas dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Selong." Jurnal Paedagogy 7.3 (2020): 175-185.

Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., & Rahayu, E. S. (2012). Pengembangan instrumen asesmen autentik berbasis literasi sains pada materi sistem ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1).

Darajat, R., Ginanjar, M. H., & Wahidin, U. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Studi Di Sman 4 Bogor Tahun Ajaran 2018/2019). Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2), 75-86.

Daulay, & Putra. (2004). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta: kencana.

Djamas. (2005). Posisi Madrasah di Tengah Perubahan Sistem Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi, 3

Fathoni, M. . (2005). Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional: Paradigma Baru. Jakarta: Departemen Agama RI: Direktorat Kelembagaan Agama Islam

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita. Jurnal Auladuna, 2,

Pratama, A. R., Deswalantri, D., Sesmiarni, Z., & Khairuddin, K. (2022). PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMA NEGERI 4 KOTA BUKITTINGGI. KOLONI, 1(3), 383-392.

Rahayuningsih, Rina. "Penerapan Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) Disertai Peta Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012." (2012).

Sardiman, A.M. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada

Siyoto, S. (2015). dkk.“. Dasar Metodologi Penelitian”. Sleman: Literasi Media Publishing.

Sugiyono, Dr. "Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D." (2013).

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Andy Riski Pratama, Iswandi Iswandi, Andika Saputra, Rahmat Hidayat Hasan, & Arifmiboy Arifmiboy. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 16–28. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.642