TEKNIK PENGAJARAN PAK DALAM PEMBINAAN WARGA GEREJA MARTURIA

Authors

  • Tiarma Fitri Malau IAKN Tarutung
  • Lydia Nivea Indah Permatasari Silaban IAKN Tarutung
  • Seventina Sibagariang IAKN Tarutung
  • Enjelina IAKN Tarutung
  • Putri Amelia Siahaan IAKN Tarutung
  • Ayu Andri Sitanggang IAKN Tarutung
  • Andar Gunawan Pasaribu IAKN Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.612

Keywords:

Tehnik Pengajaran PAK, Pembinaan Warga Gereja, Marturia

Abstract

Pembinaan Warga Gereja yang Marturia atau bersaksi, Gereja sebagai tubuh Kristus dan tanda iman serta ketundukannya kepada Tuhan, gereja harus bersaksi, terutama dengan mewartakan anugerah, kebenaran, dan keadilan Tuhan kepada masyarakat dalam segala situasi dan tantangan, serta tentang anugerah Tuhan kepada seluruh ciptaan Nya. Bersaksi yang dimaksud adalah membuktikan kasih setianya kepada Kristus yang rela mati dikayu salib, bangkit, dan naik ke surga, supaya manusia kiranya mendapatkan hidup yang kekal dari Tuhan. Tulisan ini bertujuan untuk menggabungkan gereja yang Marturia dengan Pendidikan Agama Kristen (PAK), dimana PAK adalah pendidikan yang berpusat pada Tuhan Yesus Kristus dan Alkitab sebagai dasar atau titik acuan. PAK berperan untuk bersaksi kepada masyarakat dengan mendasarkan Alkitab dan Pendidikan Agama Kristen memberikan pengajaran yang sifatnya mendidik serta memberikan bimbingan kepada warga Gereja. Tulisan ini menggunakan metode  kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Dengan mencari berbagai sumber-sumber yang terkait dengan topik yang dibahas. Peneliti menggunakan berbagai sumber-sumber data baik berupa buku teks, jurnal ilmiah serta artikel ilmiah yang diambil dari sumber internet. Melalui tulisan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam gereja, dan dapat mengatasi tantangan-tantangan Pembinaan Warga Gereja yang Marturia, terutama di zaman modern ini melalui gereja dan Tenaga PAK, supaya jemaat dan peserta didik terbimbing atas Terimplikasinya pembinaan warga gereja terhadap PAK, sehingga warga jemaat dan peserta didik mendapatkan nilai-nilai kehidupan yang daripada kesaksian hidup Kristus dengan melaksanakan tugas dan panggilan gereja terutama dengan Marturia atau Bersaksi.

References

Hasiholan Marulitua. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Membina Pemuda Remaja Gereja Suatu Tinjauan Etis-Teologis.” Teologi 6, no. Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Dalam Sudut Kolaboratif (2022): 17 Halaman.

Homrighausen, dan Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Gunung Mulia, 2012.

Inriani, Eva. “Strategi Gereja Memaksimalkan Tri Panggilan Gereja Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Pambelum (JTP) 1, no. 1 (2021): 93–109.

Pdt. Andar Gunawan Pasaribu, S.Th, MA, M.Pd.K. Pembinaan Warga Gereja. Edited by M.Pd.K Dame Taruli Simamora, S.PAK, MACE. Medan: CV MITRA Medan, 2013.

Satya Wacana Christian University. “REFLEKSI TEOLOGIS Gereja.” Jurnal Teologi 6, no. Penelahaan Alkitab Antar Generasi (2011): 12 Halaman.

Simanjuntak, Linda Zenita, Samuel Abdi Hu, Lukgimin Aziz, B A B Iv, and Refleksi Teologis. “Teologi Penggembalaan Yehezkiel Dalam Menghadapi Tantangan Kehidupan Jemaat.” Manna Rafflesia 7, no. 2 (2021): 348–368.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta, 2021.

Wuwungan, O. E. Ch. Bina Warga Bunga Rampai Pembinaan Warga Gereja. Jakarta: Gunung Mulia, 2004.

Downloads

Published

2022-11-19

How to Cite

Tiarma Fitri Malau, Lydia Nivea Indah Permatasari Silaban, Seventina Sibagariang, Enjelina, Putri Amelia Siahaan, Ayu Andri Sitanggang, & Andar Gunawan Pasaribu. (2022). TEKNIK PENGAJARAN PAK DALAM PEMBINAAN WARGA GEREJA MARTURIA. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 184–192. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.612