Dampak Game Online Terhadap Perilaku Sosial Pemuda Desa Air Dingin Kabupaten Rejang Lebong
DOI:
https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.515Keywords:
Game online, perilaku social.Abstract
Game online merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi komunikasi fenomena ini sudah menjadi fenomena yang umum dalam masyarakat tentunya dengan adanya game online membuat suatu masalah baru yang timbul didalam masyarakat, pemuda yang merupakan bagian dari masyarakat tentu sangat potensial, pemuda dalam masyarakat desa Air Dingin sangat potensial serta aktif bersosial dan bermasyarakat dengan memanfaatkan teknologi komunikasi salah satunya dengan bermain game online, game online ini mempunyai banyak jenis atau genre selain itu juga tentu mempunyai dampak positif dan negatif bagi pemain.
Adapun tujuan penelitian ialah mengetahui dampak game online terhadap prilaku sosial pemuda desa Air Dingin. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengukapkan gambaran fenomena dilapangan dan menghasilkan data data deskriptif berupa kata-kata terkait dengan dampak game online terhadap perilaku sosial pemuda desa Air Dingin, analisis data yang dipakai dengan metode triangulasi data, teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi.
References
A Rini, Menanggulangi kecanduan game on-line pada anak, (Jakarta: Pustaka Mina 2011)
Agus Hermawan, Hiburan dunia maya, (Bandung: Pustaka Setia, 2009)
Aji Chandra Zebah, Berburu Rupiah Lewat Game Online, (Yogyakarta: Bounaboks, 2012)
Andoyo, andreas.“sosialisasi dampak positif dan negatif game online bagi anak sekolah dasar.” Jurnal PKM Pemberdayaan Masyarakat 2, no. 3 (2021)
Angela, “Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 015 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir’’, eJournal ilmu komunikasi, 2013, 1(2)
Ariantoro, Tri Rizqi. "Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar." JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas) 1, no. 1 (2016)
Bimo walgito. Teori-teori sosial, (Yogyakarta, CV Andi Offiside: 2011)
https://3lox.wordpress.com/2010/10/07/triangulasi/ diakses pada 15 agustus 2022 pukul 18:00 wib
https://lampuhijau.com/berita/permainan-jenis-casino-online-yang-populer-3200.php diakses pada 17:10 wib 25 oktober 2022
https://telset.id/games/jenis-jenis-game-kelebihan-kekuranganya/ diakses 17:00 wib 25 oktober 2022
Jasmadi, Panduan Praktis Menggunakan Fasilitas Internet: Surfing, Email, Sms, Chating, E-Card dan Download Edisi I: (CV Andi offside, Yogyakarta: 2004)
Jonatan lukas, Jaringan komputer Cet, I (Graha Ilmu, Yogyakarta: 2006)
Lexy Moelong, Metodelogi penelitian kualitatif, (Bandung: Remaja rosdakarya, 1995)
M Fahrul Alam, Pengertian Game online dan sejarahnya, (Bandung: Pustaka Setia, 2010)
Mansur mustaqim dkk, Ilmu Sosial Dan Budaya: Bermuatan General Education, (Aceh, Syah Kuala University Press: 2020)
Maurice Andrew Suplig. “Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar” JURNAL JAFFRAY Vol. 15, No. 2, (2017)
Nasution, Muhammad Amin, Muhammad Rizal Januri, and Marwan Ali Shodikin. "DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA SMPN 1 PUNCAK SORIK MARAPI: SEBUAH ANALISIS FENOMENOLOGIS [IMPACT OF ONLINE GAMES ON SOCIAL BEHAVIOR OF SMPN 1 PUNCAK SORIK MARAPI STUDENTS: A PHENOMENOLOGICAL ANALYSIS]." Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications 2, no. 2 (2022)
Observasi pada 16 agustus 2022 pukul 19:00 Wib
Putra, Fadly Firmansyah, Akbar Rozak, Gilang Virga Perdana, and Imas Maesharoh. "Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University." Jurnal Politikom Indonesiana 4, no. 2 (2019)
S. Margono, Metodelogi penelitian, (Jakarta: Rineka cipta, 1997)
Santrok. Life-Span development perkembangan masa hidup, (Jakarta: Erlangga, 2003)
Surbakti, Krista. "Pengaruh Game Online Terhadap Remaja." Jurnal Curere 1, no. 1 (2017)
Syahrul Perdanak, “game online sebagai pola perilaku (studi deskriptif tentang interaksi sosial gamers clash of clans pada clan indo spirit), AntroUnairIndoNet, Vol.IV,No.2, Juli 2015
Wawancara Agus pada 20:40 wib 26 oktober 2022
Wawancara Andri pada 15:00 wib 26 oktober 2022
Wawancara Cucut pada 18:00 wib 26 oktober 2022
Wawancara Dian pada 20:20 wib oktober 2022
Wawancara Eko pada 20:30 wib 26 oktober 2022
Wawancara Hari pada 21:00 wib oktober 2022
Wawancara Reki pada 20:00 wib 26 oktober 2022
Wawancara Ridwan pada 20:10 wib 26 oktober 2022
Wawancara Rio pada 20:50 wib oktober 2022
Wawancara Teguh pada 19:00 wib 26 oktober 2022
Wiharsono kurniawan, Jaringan komputer: (CV Andi Offset, Yogyakarta 2007)