Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia bagi Kalangan Muda di Media Sosial “Instagram”

Authors

  • Ervina Arianita Universitas Islam Bandung
  • Fatma Dwi Aini Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.446

Keywords:

bahasa, instagram, media sosial, teknologi.

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan di Indonesia. Bahasa Indonesia bertujuan untuk mempersatukan dan untuk mempermudah kita dalam berkomunikasi antarsuku daerah, karena di Indonesia memiliki banyak ragam bahasa yang berbeda. Oleh karena itu bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa persatuan. Bahasa juga merupakan alat penghubung bagi kita dalam kegiatan sehari-hari. Karena manusia termasuk makhluk sosial yang selalu berkomunikasi dengan makhluk sosial lainnya. Saat ini di era modern yang perkembangan teknologi informasinya sangat luas kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Dengan berbagai macam alat komunikasi saat ini yang bisa disampaikan melalui lisan maupun tulisan kita bisa berhubungan dengan orang lain. Dan dalam penggunaan bahasa untuk berkomunikasi secara tulisan di media sosial, kita memiliki tujuan yang berbeda - beda. Dengan komukasi kita dapat menyampaikan apa yang di rasakan, dipikirkan dan apa saja yang kita pandang agar dilihat oleh orang lain. Dalam pembahasan ini “Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia bagi Kalangan Muda di Media Sosial Instagram” banyak sekali pengguna di media sosial tidak menggunakan bahasa yang sesuai dengan  KBBI.   Tidak sedikit yang menimbulkan kesalahan arti dari bahasa tersebut. Tujuan dari pembuatan artikel ilmiah ini untuk menganalisa dan meneliti seberapa banyak masyarakat pengguna media sosial terutama di Intagram yang masih salah dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

References

Alwi, Hasan dkk.. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Amriyah, N., & Isnaini, H. (2021). Campur Kode Sudjiwo Tedjo dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club TvOne Episode Setahun Jokowi-Maruf: Dari Pandemi Sampai Demokrasi. Jurnal Disastra, Vol. 3 No.1, 98-103.

Aprilianti, D., Herawati, M. N., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Vol. 2 No.3, 427-432.

Bahasa, P. (2008). Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Depertemen Pendidikan Nasional.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Isnaini, H. (2020). Penyuluhan Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Karakter Di SMK Profita Kota Bandung Tahun Ajaran 2019-2020. Communnity Development Journal, Vol.1, No. 2 Juni 2020, Hal.78-83.

Isnaini, H., & Herliani, Y. (2022). Gaya Humor Pada Puisi “Iklan” Karya Sapardi Djoko Damono Jurnal Metabasa: Universitas Siliwangi, Volume 4, Nomor 1, 1-9.

Isnaini, H. (2019, 8 Agustus 2019). Pembelajaran Memahami Karya Sastra Sebagai Bagian Pembelajaran Kritik Sastra pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Paper presented at the Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, Majalengka, Jawa Barat.

Isnaini, H. (2021). Tafsir Sastra: Pengantar Ilmu Hermeneutika. Bandung: Pustaka Humaniora.

Keraf, Gorys. 1997. Komposisi. Flores: Nusa Indah.

Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Muin, Abd. 2004. Analisis Konstrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka Al Husna.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Puspawati, Anita. 2017. Buku Ajar Bahasa Indonesia. Bandung: LSIPK Unisba

Sudaryanto. 2013. Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Ervina Arianita, & Fatma Dwi Aini. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia bagi Kalangan Muda di Media Sosial “Instagram”. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 29–39. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.446