Pengaruh Kinerja Guru PAI dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Siswa di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Rokhmad Afif Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga
  • Wasito Wasito Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga
  • Mukh Nursikin Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i2.424

Keywords:

Kinerja Guru, Lingkungan Sekolah, Prestasi siswa.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan kinerja guru PAI di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran terhadap prestasi siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui seberapa tingkat pengaruhnya dan penelitian survey untuk mengetahui fenomena variabel, dalam hal analisis data menggunakan regresi, dari persamaan regresi antara lingkungan sekolah dan prestasi siswa, pengaruh kinerja guru PAI terhadap prestasi siswa.

Penelitian kuantitatif pengaruh lingkungan sekolah dan kinerja guru PAI di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran terhadap prestasi siswa berdasarkan hasil uji statistik dinyatakan terdapat korelasi yang signifikan. Hal ini terbukti dari perhitungan korelasi product moment yang diambil dari responden siswanya dengan nilai positif sebesar 0,696 antara pengaruh lingkungan sekolah dan kinerja guru PAI di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran terhadap prestasi siswa. Apakah koefisien korelasi hasil perhitungan tersebut signifikan (dapat digeneralisasikan) atau tidak,

Hasil analisis regresi parsial maupun ganda menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif lingkungan sekolah SMK Ma’arif Walisongo Kajoran terhadap prestasi siswa sebesar 2,7% dengan persamaan regresi Y = 74,776 + 0,238 X1. Ini menunjukkan jika lingkungan sekolah meningkat 1 poin maka prestasi siswa akan meningkat sebanyak 2,7%, (2) terdapat pengaruh yang positif kinerja guru PAI SMK Ma’arif Walisongo Kajoran terhadap prestasi belajar siswa sebesar 13,7% dengan persamaan regresi Y = 51,354 + 0,773 X2. Ini menunjukkan jika kinerja guru PAI meningkat 1 poin maka prestasi belajar siswa akan meningkat sebanyak 13,7%. Dan (3) terdapat pengaruh yang positif lingkungan sekolah dan kinerja guru PAI SMK Ma’arif Walisongo Kajoran secara bersama-sama terhadap prestasi  siswa sebesar 13,7% dengan persamaan regresi Y= 51,578 - 0,014 X1 + 0,783 X2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh lingkungan sekolah dan kinerja guru PAI di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran terhadap prestasi siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta: 2010.

Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013.

Hakim Lukman, dkkDasar-dasar Manajemen Pendidikan, Jambi : Timur Laut Aksara, 2018, 19.

Priyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Sidoarjo, 2016, 104.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2010.

Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010, 269.

Tirtaraharja, Umar dan La Solu. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Ditjend Pendidikan Tinggi. Depdikbud. 1994.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2005.

Widoyoko Eko Putro, Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010, 99.

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Rokhmad Afif, Wasito, W., & Mukh Nursikin. (2022). Pengaruh Kinerja Guru PAI dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Siswa di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Tahun Pelajaran 2021/2022. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(2), 112–126. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i2.424