Konsep dan Urgensi Dasar Negara : Kedudukan Pancasila sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum

Authors

  • Ahmad Muhammad Mustain Nasoha Universitas Sebelas Maret
  • Ashfiya Nur Atqiyah Universitas Sebelas Maret
  • Denta Rizqa Aulia Febriana Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Lu’Lu’ Khairunnisa’ Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Arzaq Danda Iktibar Mahardika Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Salsabila Khoirunnisa Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendekia.v5i1.3357

Keywords:

Pancasila, State Basis, Position

Abstract

The overarching goal of this study is to gain a deeper familiarity with Pancasila, its guiding principles, and its significance as a national framework. The theory that serves as the basis for this research's discussion is derived from the findings of literature studies conducted with a variety of existing sources, including in-depth expert journals, articles, and books. Given Pancasila's significance as a state, the author is keen on re-examining its application as the foundation of the state. This highlights the significance of Pancasila's implementation for any nation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afnania Yusditiani, A., Hijazzi Lutfiah Izyul Adha, M., Meysa Fadlun Rubiyyati, S., Masrofah, S., & Rahman, A. (2021). Implementasi pendidikan multikultural di sekolah. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 30-37. https://doi.org/10.56799/peshum.vlil.10

Alvira, R. (2021). Sumber yuridis pendidikan. STIE AKBP KBP.

Anggraini, D., & Nugraheni, S. (2024). Menuju pendidikan berkelanjutan: Implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dalam mewujudkan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 189-197.

Busroh, F. F. (2022). Buku ajar Pancasila. Feniks Muda Sejahtera.

Irwan, G., & Yun, H. (2018). Buku ajar pendidikan Pancasila. Uwais Inspirasi Indonesia.

Jelita, M. A. (2023). Mengapa Pancasila perlu ada? Telaah singkat pemikiran yudilatif. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), October.

Kurnisar. (2020). Pancasila: Sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.

Mahkamah Agung. (n.d.). Modul Pancasila: Pendidikan dan pelatihan peningkatan pemahaman hak konstitusional warga negara. Puslitbang Kumdil MA RI.

Putra, Y. D., & team. (2016). Membangun argumen tentang dinamika dan tantangan Pancasila sebagai ideologi negara. Indonesia Prime.

Risetdikti. (2006). E-book pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila dalam pendidikan di Indonesia menuju bangsa berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82-89.

Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai pendidikan karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222-231. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Syamsudin, M. (2009). Pendidikan Pancasila: Menempatkan Pancasila dalam konteks keislaman dan keindonesiaan. Total Media.

Taufiq, M., & Legowo, P. S. (2022). Pancasila sebagai sumber hukum dan penjabarannya dalam Undang-Undang Dasar 1945. Pendidikan Pancasila, 8.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Ahmad Muhammad Mustain Nasoha, Ashfiya Nur Atqiyah, Denta Rizqa Aulia Febriana, Lu’Lu’ Khairunnisa’, Arzaq Danda Iktibar Mahardika, & Salsabila Khoirunnisa. (2024). Konsep dan Urgensi Dasar Negara : Kedudukan Pancasila sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 5(1), 37–44. https://doi.org/10.55606/cendekia.v5i1.3357