KEPERCAYAAN KONSUMEN KEPADA TRANSAKSI ONLINE

Authors

  • Endang Komsiah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i2.190

Keywords:

karakteristik website, karakteristik konsumen, kepercayaan terhadap website

Abstract

Kemajuan teknologi berdampak pada kegiatan ekonomi. Internet adalah alat yang populer untuk digunakan dalam transaksi online. Masyarakat Indonesia memahami bahwa potensi internet sangat menguntungkan untuk dikembangkan. Namun, pemain lokal Indonesia gagal mengenali hal tersebut. Keengganan konsumen Indonesia untuk bertransaksi secara online menarik untuk disimak. Transaksi online membutuhkan kepercayaan konsumen karena transaksi online berbeda dengan transaksi offline. Kepercayaan dalam transaksi online berbeda dengan kepercayaan dalam transaksi offline. Objek utama kepercayaan dalam transaksi online adalah website, internet atau teknologi. Hubungan kepercayaan antara penjual dan konsumen tidak dapat dipisahkan dari karakteristik konsumen karena minat untuk mempercayai orang lain memerlukan dukungan motivasi dan keyakinan bahwa orang lain tidak merugikan atau menyesatkan dalam keadaan apapun. Kepercayaan konsumen adalah keputusan yang kompleks karena berkaitan dengan tuntutan sementara dari individu yang berbeda berdasarkan demografi mereka. Hasil uji t pada variabel (X1) adalah variabel karakteristik website yang memiliki nilai thitung sebesar 2,365 dan tingkat signifikansi 0,05. Ini mendukung gagasan bahwa karakteristik situs web memiliki efek yang jelas. Karakteristik motivasi konsumen (X2) dalam pembelian online pada uji-t memiliki t-hitung sebesar 2,135 namun dengan tingkat signifikansi di bawah 0,05 membuktikan bahwa karakteristik konsumen berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Demografi konsumen (X3) meliputi jenis kelamin, usia responden, latar belakang pendidikan, tingkat pengeluaran, dan minat uji-t. Semua item demografi menunjukkan bahwa t-hitung adalah 3,257 dengan tingkat signifikansi di bawah 0,05 sehingga kepercayaan konsumen jelas terpengaruh.

 

 

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Endang Komsiah. (2022). KEPERCAYAAN KONSUMEN KEPADA TRANSAKSI ONLINE. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(2), 01–06. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i2.190