PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET TERHADAP RESPON DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1394Keywords:
LKPD liveworksheet, Respon Belajar, Hasil Belajar siswa.Abstract
Pemanfaatan media pembelajaran LKPD dengan liveworkhseet dilakukan sebagai tanggapan terhadap masih acuhnya pendidik terkait penggunaan media pembelajaran. Sehingga dalam kegiatan belajar mengajar hanya didapati menggunakan satu sumber belajar yakni buku paket. Diakibatkan pada adanya perununan respon terhadap tugas yang diiberikan kepada guru yang berakibat pada hasil belajar siswa yang tidak mencpai kriteria tujuan pembelajaran. Dengan adanya penggunaan media pembelajaran lembar kerja peserta didik berbantuan liveworkhseet dapat membantu meningkatkan respon dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini dilakukan terlihat terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis website liveworksheet terhdap respond an hasil belajar siswa. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan Analisis yang digunakan yakni uji normalitas, uji homogenitas dan Uji indpendet sample T-tet. Berdasarkan hasil analisis terdapat pengaruh yang signifikan terhdap respond dan hasil belajar menghasilkan sig=0,000 untuk respon dan mengasilkan sig=0,001 untuk hasil belajar.
References
Hakim, Z. R., Taufik, M., & Atharoh, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar Negeri Cimanis 2 Sobang Pandeglang. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 1(01), 31–38. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v1i01.869
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tanggerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Muhammad Dhori. (2021). Analisis Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 7 Kayuagung. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 110–124. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-09
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
N.F., I. A., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatankan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8153–8162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3762
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Pangabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Kholifah, N., Chamidah, D., Sianipar, L. K., Ardiana, D. P. Y., Purba, F. J., & Cecep. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. In Https://Berkarya.Um.Ac.Id/ (Issue August). https://berkarya.um.ac.id/konsep-dan-strategi-pembelajaran-transformasi-untuk-pls-oleh-m-djauzi-moedzakir-ketua-jurusan-pls-fip-um/
Pujiastutik, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 25–36.
Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752
Sidik, M. F., & Fahyuni, E. F. (2021). Development of a Digital Live Worksheet in the Religion Subject to Improve Student Learning Outcomes at Junior High School. Academia Open, 6, 1–11. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2247