Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Quran Di Mi Integral Al-Ukhuwwah Banjang

Authors

  • Raihanah Raihanah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i2.1134

Keywords:

Implementation, Ummi Method, MI Integral Al-Ukhuwwah

Abstract

This study aims to understand, analyze, and describe the Ummi method developed at MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang, namely the implementation of the Ummi method at MI Integral Al-Ukhuwwah and the quality of Al-Quran reading after the Ummi method was applied. This research uses a qualitative descriptive method with a case study type. This research data source is divided into two, namely primary data sources and secondary data. Using observation data collection instruments, interviews, and documentation. Research informants namely the Principal, Ummi Coordinator, and Students. The application of learning the Koran using the Ummi method has had a very good impact on improving the quality of reading the Koran at MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang.

References

Ahmad, Yusuf Al-Hajj. Mukjizat Al-Quran yang Tak Terbantahkan. Solo: Aqwam. 2016.

Fajriani, Delfi. Implementasi Metode UMMI untuk Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Quran Siswa di SMPIT Anni’mah Margahayu. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia Vol 3. No. 2. 24 April 2019.

Fauzi, Hafidh Nur, dan Waharjani Waharjani. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa SDIT Salsabilla Sleman. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education). Vol. 7. No. 2. 1 Desember 2019.

Firdaus, Andrian. Eksistensi Metode Ummi dalam Meningkatkan Pembelajaran Tahsin Al-Quran Di SMP IT Abata Lombok. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies. Vol. 6. No. 2. 31 Desember 2021.

Foundation, Ummi. Modul Sertifikasi Guru Al-Quran Metode Ummi. Surabaya: Lembaga Ummi Foundation, 2013.

Hadinata, Sumarlin. Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun di Desa Teniga Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 19, No. 1. Januari-Juni 2021.

Hambali, dan Wardatul Hurriyah. Penguatan Receptive Skills Siswa Melalui Metode Ummi pada Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. Vol 6. No. 1 April 2020.

Hamid, Nur. Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran (Studi Kasus di SD Islam Asih Auladi Depok Jawa Barat). Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 8. No. 2, Juli 2021.

Hasunah, Umi, dan Alik Roichatul Jannah. Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1, No. 2, Desember 2017. 2017.

Khudori, Anwar, dan Moch Yasyakur. “Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran, Jurnal Pendidikan. Vol.1. No. 2.

Muliawan, Jasa Ungguh. Metodologi Penelitian Pendidikan dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Nobisa, Junaidin dan Usman, Penggunaan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Quran Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, Vol. 4, No. 1, Juni 2021 h. .

Nuryanta, Nanang. Pengelolaan Sumber Daya Manusia (Tinjauan Aspek Rekrutmen dan Seleksi), Vol. 1, No. 1 2008.

Rifa’i, Ahmad. Implementasi Metode Ummi untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran di SDIT Ihsanul Amal Alabio, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2, No. 2. Januari-Juni 2018.

Rifa’i, Ahmad, dan Muhammad Nasir, Efektivitas Metode Ummi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Alquran Siswa TPA Desa Pugaan Kecamatan Pugaan, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan. 14 Desember 2018.

Downloads

Published

2022-05-24

How to Cite

Raihanah Raihanah. (2022). Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Quran Di Mi Integral Al-Ukhuwwah Banjang. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(2), 165–174. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i2.1134