IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS SEKOLAH DI MAS MASYITHAH JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i2.491Keywords:
Manajemen konflik, produktivitas sekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen konflik dalam meningkatkan produktivitas sekolah di MAS Masyithah Jember. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah. Metode penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualititaif, yaitu mendeskripsikan data yang telah didapat di lapangan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara , observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data, jarak, kesimpulan, dan ferifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penyelesaian konflik yang digunakan kepala madrasah di MAS Masyithah Jember dengan cara silaturrahmi, tabayyun, islah agar konflik didalam madrasah tidak mempengaruhi produktivitas sekolah.
References
Engkoswara dan Komariah, 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Murni, S., dan Veithzal. R., 2009. Education Management, Analisis Teori dan Praktik. Jakarta : Rajawali Pers.
Terry, George R., Stephen Franklin, 1982. Principles of Manajemen. Illionois: Homewood.
Usman, H., 2009. Manajemen Teori,Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudi, 2006.Manajemen Konflik dalam Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Winardi, 1994. Manajemen Konflik (Konflik Perubahan dan Pengembangan). Bandung : Mandar Maju.