Metode Pelaksanaan Pekerjaan Rigid Pavement Pada Proyek Preservasi Jalan Raya Kanor – Semambung Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Authors

  • Dewangga Andya Mahendra Putra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurritek.v2i1.875

Keywords:

Transportasi, Preservasi Jalan, Metode Rigid Pavement

Abstract

Proyek Preservasi Jalan Raya Kanor – Semambung ini merupakan kegiatan yang berkaitan dengan  peningkatan kenyamanan serta kelancaran dalam berlalu lintas. Hal ini dilakukan agar mempermudah Mobilitas Masyarakat yang bertempat tinggal di daerah tersebut. Dengan meningkatnya jumlah penduduk dan perkembangan suatu daerah, maka kebutuhan pada daerah tersebut pun akan bertambah juga, oleh karena itu diperlukan Peningkatan jalan. Peningkatan jalan Kanor - Semambung Bojonegoro, Jawa Timur ini merupakan jalan yang menghubungkan daerah Kanor menuju arah Semambung dengan panjang 4,375 km. Dengan adanya pembangunan jalan tersebut dapat menunjang kelancaran transportasi dan perekonomian yang mempermudah menuju daerah tersebut. Pada penulisan jurnal ini akan membahas mengenai bahan yang digunakan, alat yang digunakan, serta tahapan pada proses pekerjaan Rigid Pavement. Metode yang digunakan yaitu mengumpulkan studi literatur yang berkaitan dengan proses Rigid Pavement, serta mempersiapkan materi. Dari metode tersebut juga meliputi lokasi penelitian. Pengumpulan data dan pengolahan data pada penulisan ini didapatkan langsung melalui kegiatan magang di lokasi kegiatan proyek pada kurun waktu kurang lebih 5 bulan. Proses Rigid Pavement terdiri dari beberapa tahapan yaitu proses Perencanaan (Planning), Pemograman (Programming), Pelaksanaan Kegiatan (Activating), Pengendalian (Controlling). Bahan yang digunakan pada proses pengaspalan antara lain, Beton readymix, Agregat kelas A dan S dan lain-lain. Selain bahan juga ada alat dan bahan yang digunakan yaitu, Truck Mixer, Dump truck, Bekisting, Vibrator, dan Besi Wiremesh Ø 8 mm.

 

 

References

D. T. Asfiati, Sri Mutiara, “Progress in Civil Engineering," Journal UMUM ( Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang , Bantan Timur , Kecamatan Medan Tembung ),” Prog. Civ. Eng. J., vol. 2, no. 1, pp. 31–41, 2020.

M. Handajani, A. Muldiyanto, N. I. Paramita, and A. N. Permata, “Analisis Panjang Jalan Terhadap Konsumsi Bbm Pada Bagian Wilayah Kota (Bwk) I Semarang,” J. Tek. Sipil dan Perenc., vol. 14, no. 1, pp. 1–10, 2012.

A. Andiyan and A. Rachmat, “Analisis Manfaat Pembangunan Infrastruktur Keretaapi Di Pulau Jawa,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 121–129, 2021, doi: 10.52436/1.jpti.22.

Aloisius de Rozari and Yudi Hari Wibowo, “Faktor-faktor Yang Menyebabkan Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Utama Kota Surabaya,” J. Penelit. Adm. Publik, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2015, doi: 10.1007/s13398-014-0173-7.2.

M. Shobirin and H. Ali, “Strategi Pengembangan Infrastruktur Dalam Meningkatkan Pelayanan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng,” J. Ekon. dan Manaj. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, 2019, doi: 10.31933/JEMSI.

S. Hartati Dewi, R. Mildawati, and A. Nurhakim, “Perbandingan Dua Jenis Agregat Daerah Yang Berbeda Terhadap Karakteristik Marshall Pada Aspal Porus,” Sainstek (e-Journal), vol. 9, no. 1, pp. 47–54, 2021, doi: 10.35583/js.v9i1.137

A. D. . Prathama, F. Achmad, and F. L. Desei, “Pengaruh Lama Rendaman Dan Penuaan Aspal Terhadap Nilai Durabilitas Campuran Aspal Cold Paving Hot Mix Asbuton (Cphma),” Compos. J., vol. 2, no. 1, pp. 10–20, 2022.

Aminsyah .M, “Pengaruh Kepipihan dan Kelonjongan Agregat,” J. Rekayasa Sipil, vol. 6, no. 1, pp. 23–36, 2010.

Y. R. Alkhaly, F. Rozi, and M. K. Ihsan, “Pengaruh Substitusi Agregat Kasar Dengan Pecahan Batu Bata Klinker Terhadap Kuat Tekan Beton Normal,” Teras J., vol. 5, no. 2, pp. 79–88, 2021, doi: 10.29103/tj.v5i2.10.

W. J. Korua, O. H. Kaseke, and L. Eisabeth, “Kriteria Marshall Pada Campuran Lapis Aspal Beton-Lapis Antara Bergradasi Halus,” J. Sipil Statik, vol. 3, no. 12, pp. 813–820, 2015.

A. Apriyanto and F. R. Yamali, “Pengaruh Variasi Material Yang Bergradasi Senjang Pada Campuran Aspal Panas,” J. Talent. Sipil, vol. 1, no. 2, p. 50, 2018, doi: 10.33087/talentasipil.v1i2.7.

H. Wahyudiono, S. Sudjati, B. Winarno, and K. C. Budi, “Modifikasi Laston Ac-Wc Menggunakan Limbah Bongkaran Beton,” J. Tek., vol. 12, no. 1, p. 33, 2020, doi: 10.30736/jt.v12i1.398.

S. B. Bahar, “Analisis Investasi Alat Berat Pada Pekerjaan Pengaspalan Jalan Lapis Penetrasi Macadam Di Kabupaten Buton Utara Sulawesi Tenggara,” Extrapolasi, vol. 8, no. 01, pp. 39–48, 2015, doi: 10.30996/exp.v8i01.976.

E. N. Kulo, “Analisa produktivitas alat berat untuk pekerjaan pembangunan jalan (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Jalan Lingkar SKPD Tahap 2 Lokasi Kecamatan Tutuyan Bolaang Mongondow Timur),” J. Sipil Statik, vol. 5, no. 7, pp. 465–474, 2017.

H. Novianto and T. Wartini, “Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Rigid dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dalam Penanganan Upaya Perbaikan,” J. Tek. Sipil Univ. Islam Lamongan, vol. 5, no. 1, pp. 404–409, 2020, [Online]. Available: http://www.jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/CVL/article/view/411%0Ahttp://www.jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/CVL/article/view/411/298

A. Sutanto and E. A. Hakim, “Pemeliharaan Perkerasan Jalan Dengan Campuran Aspal Dingin Guna Mengatasi Ketergantungan Pada Asphalt Mixing Plant (AMP),” Semin. Keinsinyuran Progr. …, pp. 628–631, 2021, [Online]. Available: http://research-report.umm.ac.id/index.php/SKPSPPI/article/view/4363

M. Mardiansah, V. T. Haris, and F. Lubis, “Analisis Kehilangan Kadar Aspal pada Aspal Buton untuk Campuran Laston Lapis Antara (AC-BC),” J. Tek., vol. 12, no. 2, pp. 97–104, 2018, doi: 10.31849/teknik.v12i2.1889.

M. J. M. Hairi, E. Handayani, and A. Dwiretnani, “Jurnal Talenta Sipil,” vol. 1, no. 1, pp. 30–40, 2018.

P. N. Faizah et al., “Seminar Nasional Insinyur Profesional ( SNIP ) Analisis Produktivitas Alat Berat Pada Pekerjaan Pemadatan Perkerasan Aspal Pada Proyek Peningkatan Jalan Ruas Pasar Banjit – Jukuh Batu Kabupaten Way Kanan,” 2022.

A. K. Lubis, D. Kumalasari, and A. Nurdin, “Pengaruh Variasi Jumlah Lintasan Pemadatan Terhadap Kepadatan Perkerasan Asphalt Concrete Binder Course,” J. Talent. Sipil, vol. 5, no. 1, p. 85, 2022, doi: 10.33087/talentasipil.v5i1.100.

B. Nuryono and H. Kurniawan, “Analisis Pengaruh Variasi Jumlah Lintasan Terhadap Kepadatan Campuran Aspal Beton,” Isu Teknol. STT Mandala, vol. 13, no. 1, pp. 72–77, 2018.

K. Campuran and A. Panas, “Karakteristik Campuran Aspal Panas (Asphalt Concrete-Binder Course) Menggunakan Aspal Polimer Oleh: Bambang Edison,” vol. 2, no. 1, 2010.

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Dewangga Andya Mahendra Putra. (2023). Metode Pelaksanaan Pekerjaan Rigid Pavement Pada Proyek Preservasi Jalan Raya Kanor – Semambung Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. JURAL RISET RUMPUN ILMU TEKNIK, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.55606/jurritek.v2i1.875

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.