Kesesuaian Geometrik Jalan Ditinjau dari Aspek Alinyemen Horizontal dengan Metode Bina Marga
(Studi Kasus : Jl. Padang-Solok Kelurahan Indarung, Kec. Lubuk Kilangan, Kota Padang, Prov. Sumatera Barat)
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurritek.v3i1.2839Keywords:
Road Geometrics, Horizontal Instrument, Highway MethodAbstract
Padang-Solok Road, which has uphill road conditions and sharp corners, makes this road a lot of accidents. Apart from the negligence of motorists, accidents in this area are also caused by geometric factors of the road. The purpose of this study is to determine the suitability or not of road geometry in terms of horizontal alignment with the Highways method. This type of research is descriptive quantitative. It was found thatthe existence of the existing situation after being concluded from the approach of the experience of going into the field is that the road has a fairly extreme slope where the road on the left if it leads to Solok has a fairly high slope. And the existing suitability with clan building has several differences, discrepancies and gaps both intentional due to road conditions and elements of accident.
References
Almufid., 2016. Perencanaan Geometerik Jalan Agar Mencapai Kenyamanan dan Keamanan Bagi Penggunaan Jalan Sesuai Undang -Undang No.38 tahun 2012 Tentang Jalan. DINAMIKA UMT Volume I No. 2 Mei 2016 Hal 34 – 45.
Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR, 2017. Profil Kota Padang. Di akses pada 21 November 2022, dari http://perkotaan.bpiw.pu.go.id/v2/kota-besar/81
Desi Widianty, Rohani, Idm Alit Karyawan., 2019. Analisis Keselamatan Jalan Pada Tikungan Berdasarkan Jari-Jari dan Kemiringan Melintang Tikungan. Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-UNAND) Vol. 15 No. 2, November 2019, Halaman 103-114 Universitas Mataram.
Departemen Pekerjaan Umum, 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No. 038/TBM/1997. Jakarta (ID) : Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga.
Endah Nasroh Azizah Hidayat & Safira Nur Fadillah., 2020. EVALUASI GEOMETRIK ALINYEMEN HORIZONTAL DAN ALINYEMEN VERTIKAL TANJAKAN SARIWANGI KABUPATEN BANDUNG BARAT.Perpustakaan Digital Politeknik Negeri Bandung, Halaman II-1 – II-15.
Hamdani Adi., 2012. Pengukuran kerangka dasar horizontal dengan metode poligon. Di akses pada 21 November 2022, https://attahiyat.blogspot.com/2013/04/metode-poligon.html
Khuswatun Chasanah, Muhammad Yanuar J. Purwanto, dan Tri Sudibyo., 2018. Evaluasi Alinyemen Vertikal Dan Horizontal, Studi Kasus: Di Depan Gedung Perpustakaan Kampus Dramaga Institut Pertanian Bogor. JURNAL TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN Vol. 03 No. 02 Agustus 2018, Halaman 60-68.
M. Hafis Aldi, Muhammad Idham., 2020. PENENTUAN JENIS TIKUNGAN DAN EVALUASI GEOMETRIK JALAN STUDI KASUS : JALAN TANJUNG KAPAL – DARUL AMAN KECAMATAN RUPAT. JURNAL TEKNIK SIPIL DAN APLIKASI (TEKLA), VOL. 2, NO. 2, DESEMBER 2020 E- ISSN 2715-842X, Halaman 114-121.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum, 2011. Persyaratan Teknis Jalan dan Kriteria Perencanaan Teknis Jalan. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 19 Tahun 2011. Jakarta (ID): Menteri Pekerjaan Umum
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 1993. Prasarana dan lalu lintas jalan. Peraturan Pemerintah Pasal 11, No 43/1993: Pemerintah Pusat
Peraturan Pemerintah, 1985. Tentang Jalan. Peraturan Pemerintah No 26, 31 mei 1985. LN. 1985 , LL Setkab : 41 HLM
Saodang, IR. Hamirhan., 2004. Konstruksi Jalan Raya Buku 1 Geometrik Jalan. Bandung: Nova
Sugiyono., 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherul Mahmud, Weka Indra Dharmawan, Mira Wisman., 2021. ANALISIS KONDISI GEOMETRIK JALAN TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN (Studi Kasus: Jalan Lintas Sumatera Desa Tarahan, Katibung, Lampung Selatan). Jurnal Komposit Vol. 5 No. 2, 2021, Halaman 47-51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hengki Rolando Sirait, Fajrin Fajrin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.