Pengaruh Strategi Pembelajaran Direct Writing Activity Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 10 Medan

Authors

  • Charolina Charolina Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrish.v2i2.1257

Keywords:

strategi pembelajaran direct writing activity, kuantitatif, SMAN 10 Medan

Abstract

Berdasarkan observasi penilaian kemampuan menulis teks negosiasi di SMAN 10 Medan masih tergolong pada kategori yang kurang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks negosiasi dengan pembelajaran strategi pembelajaran direct writing activity di SMA Negeri 10 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian one group pre test – post test design. Penelitian ini sesuai langkah pembelajaran direct writing activity yang membuat nilai siswa meningkat setelah menggunakan  strategi pembelajaran direct writing activity. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa terdapat 80% siswa memenuhi nilai diatas KKM.

 

References

Agustin, Tuti. (2020). Kita Menulis: Merdeka Menulis. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Darmawan, dkk. 2019. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui strategi directed writing activity (DWA) siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal UNS.

Habibi & Chandra. (2018). Strategi Direct Writing Activity Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Bagi Siswa Kelas II SD. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2, (1), 1-12

Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. Solok: CV Insan Cendekia Mandiri

Helaludiin & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik. Banten: Media Madani

Hodinar. (2017). Pengaruh Penggunaan Strategi DWA (Direct Writing Activity) Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Habinsaran Toba Samosir Tahun Pelajaran 2016/2017. Medan: Universitas Nomensen

Kemendikbud. (2016). Bahasa Indonesia Untuk Kelas X SMA. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. (2017). Bahasa Indonesia Untuk Kelas X SMA. Jakarta: Kemendikbud

Khairunnisa. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Medan: Universitas Negeri Medan

Lukitasari, Galuh, dkk. 2018. The Enhancements Skill Of Writing Poetry By Dwa (Directed Writing Activity) Strategy. Jurnal UNS, 1, (1), 302-308

Yudhi. Ahmad. (2021). Terampil Menyunting Teks Bahasa Indonesia. Medan: Format Publishing

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Charolina Charolina. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Direct Writing Activity Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 10 Medan. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 2(2), 58–66. https://doi.org/10.55606/jurrish.v2i2.1257

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.