PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK IRAMA JAYA DESA ULAPATO A

Authors

  • Friskawaty Sumitro Ahmad Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Andi Akifa Sudirman Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Harismayanti Harismayanti Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Keywords:

Smartphone, Perkembangan Personal Sosial, Anak Prasekolah

Abstract

Tingginya penggunaan smartphone pada anak usia prasekolah telah menunjukkan pengaruh terhadap perkembangan personal sosialnya, oleh karena itu pemerintah saat ini merancang peraturan tentang penggunaan smartphone pada anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan penggunaan smartphone dengan perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah. Metode penelitian memakai survei analitik dan pendekatan kuantitatif di TK Irama Jaya Desa Ulapato A pada tanggal 05 September-05 Oktober 2022. Populasi terdiri dari semua orangtua murid yang memiliki smartphone dan memiliki anak berumur 4-6 tahun sejumlah 43 orang, sampel sejumlah 36 responden diambil memakai teknik purposive sampling. Pengambilan data durasi penggunaan smartphone memakai lembar pertanyaan, dan data perkembangan personal sosial memakai Denver II, pengolahan data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menyimpulkan penggunaan smartphone dengan perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah di TK Irama Jaya Desa Ulapato A ada hubungan yang signifikan (p value= 0,01 < α= 0,05).  Diharapkan orangtua memahami smartphone, dan dapat mengidentifikasi pengaruhnya terhadap perkembangan personal sosial anak usia prasekolah.

 

 

References

Agustin, R. P. (2019). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Emosional pada Anak Usia Preschool (Vol. 3). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya.

Azizah, S. N. F. (2021). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah. Universitas dr. Soebandi, Jember.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.

Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. Jurnal Pendidikan Anak Usia, 1(2), 169–178.

Kamilah, K. (2019). Konsep Anak Prasekolah.

Monica. (2018). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 3-5 Tahun (Studi Kasus Pada Anak Dengan Latar Belakang Orang Tua Karir). Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 1(2), 75–82.

Nareza, M. (2020). Berapa Jam Waktu Ideal Anak Gunakan Gadget Setiap Hari. https://www.alodokter.com/berapa-jam-waktu-ideal-anak-gunakan-gadget-setiap-hari

Nikmah, F. J., & Lubis, H. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perilaku Agresif pada Anak Pra-Sekolah ( 4-6 Tahun ). Jurnal Imiah Psikologi, 9(2), 417–429. https://doi.org/2477-2674

Ningrum, E. R. (2013). Gambaran Tingkat Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah yang Ada di Taman Penitipan Anak (TPA) Inang matutu dan Dharmawanita Unhas Makassar Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Nursafitri, L. (2019). Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Smart Kids Waydadi Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Pangastuti, R. (2017). Fenomena Gadget dan Berkembang Pada Anak Usia Dini. Fenomena Gadget Dan Perkembangan Sosial Bagi Anak Usia Dini, 2(2), 174.

Pardede, R., & Watini, S. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4728–4735. https://doi.org/2614-3097

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/2549-8959

Pratomo, Y. (2018). Pemerintah Siapkan Aturan Untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget. https://tekno.kompas.com/read/2018/10/17/ 16020057/pemerintah-siapkan-aturan-untuk- cegah-anak-kecanduan-gadget

Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 159–172. https://doi.org/2460-0172

Putri, D. A. (2019). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Terhadap Pencapaian Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK dan PAUD Jogodayuh Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Radliya, N. R., Apriliya, S., & Zakiyyah, T. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 1–12.

Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin. Profesi, 13, 72–78. https://ejournal.stikespku.ac.id/index.php/mpp/article/view/124

Setiani, W. A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Personal Sosial di TK ABA Godegan Bantul. Stikes Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta.

Situmorang, E. L., Agustin, D., Butar Butar-, R. D., Siantajani, Y., Dewi, L., Telaumbanua, F., & Waruwu, R. Y. (2021). Edukasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial, Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–12.

Soetjiningsih, & Ranuh, I. G. (2015). Tumbuh Kembang Anak (2nd ed.). Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Sofia, A. (2021). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dan Pendampingan Orang Tua Dengan Masalah Mental Emosional Anak Usia 36-60 Bulan. 1–16.

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/ rf.v15i1.1374

Sudirman, A. A. (2021). Pengaruh Pemberian Stimulasi Perkembangan Pada Aspek Sosialisasi Terhadap Status Perkembangan Personal Sosial Anak Prasekolah Di TK Sapta Krida Kabupaten Gorontalo. Jurnal Zaitun, 1–9. https://doi.org/2301-5691

Sulistiawati, Y., Supratman, V. A., & Nugroho, T. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Kabupaten Pesawaran Lampung. Wellness and Healthy Magazine, 1(2), 255–260. https://doi.org/2656-0062

Supartini, Y. (2010). Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Wahyuni, C. (2018). Panduan Lengkap Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun. STRADA PRESS.

Warisyah, Y. (2015). Pentingnya “Pendampingan Dialogis” Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional Pendidikan: “Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan,” 130–138.

Wulandari, H., & Santoso, M. B. (2019). Proses Parental Mediation Terhadap Anak Usia Prasekolah Dalam Menggunakan Gadget. Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 213–226. https://doi.org/2620-3367

Yuli Irmayanti. (2018). Peran Orangtua Dalam Mendampingi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Prasekolah. 1–20.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Friskawaty Sumitro Ahmad, Andi Akifa Sudirman, & Harismayanti Harismayanti. (2023). PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK IRAMA JAYA DESA ULAPATO A. Journal of Educational Innovation and Public Health, 1(2), 19–33. Retrieved from https://prin.or.id/index.php/Innovation/article/view/928

Most read articles by the same author(s)