KAJIAN SEMIOTIKA PADA IKLAN TELEVISI PRODUK COCA-COLA VERSI “KABAYAN”

Authors

  • Gilang Ramadhan Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Luqman Wahyudi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Agatha Dinarah Sri Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrsendem.v1i1.326

Keywords:

Iklan Coca-Cola, semiotika, glocalization.

Abstract

Mempertahankan kualitas sebuah brand adalah hal yang mutlak dilakukan oleh perusahaan penyedia barang/jasa. Di era konsumerisme seperti saat ini, peluncuran sebuah produk tidak dapat lagi berdiri sendiri. Sebuah brand tidak akan bertahan lama jika tidak didukung oleh produksi tontonan yang menyertainya. Iklan televisi lebih lanjut berperan sebagai arena komodifikasi, dimana pesan iklan bukan lagi sekadar menawarkan barang dan jasa, melainkan juga menjadi semacam alat untuk menanamkan makna simbolik. Dalam hal ini iklan televisi Coca-Cola menampilkan penanda yang dapat dibaca dengan perspektif semiotika sebagai berikut: Produk global tidak lagi hanya dipandang sebagai komoditas luar yang memiliki sekat, tetapi sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari dalam masyarakat umum dengan makna dan citra yang sesuai dengan karakternya.

References

M. . Iskandar, “Akulturasi Budaya dalam Iklan Pertelevisian,” J. Vis. DKV Univ. Komput. Indones., vol. 2, 2010.

Y. A. Piliang, Semiotika dan Hipersemiotika : Gaya, Kode dan Matinya Makna. Bandung: Mathari, 2012.

N. Vera, Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

L. Wahyudi and S. H. Heriwati, “Social Criticism about the 2019 Election Campaign in the Comic Strip Gump n Hell,” Dewa Ruci J. Pengkaj. dan Pencipta. Seni, vol. 16, no. 1, pp. 56–66, 2021, doi: 10.33153/dewaruci.v16i1.3231.

M. Mufida, “Analisis Semiotika Roland Barthes,” Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, 2016.

T. Christomy and U. Yuwono, Semiotika Budaya. Depok: Universitas Indonesia, 2004.

Y. Hereyah, “Komodifikasi Budaya Lokal dalam Iklan: Analisis Semiotik pada Iklan Kuku Bima Energi versi Tari Sajojo,” Komun. Univ. Mercubuana Jakarta, 2012, [Online]. Available: http://digilib.mercubuana.ac.id.

Downloads

Published

2022-04-16

How to Cite

Gilang Ramadhan, Luqman Wahyudi, & Agatha Dinarah Sri. (2022). KAJIAN SEMIOTIKA PADA IKLAN TELEVISI PRODUK COCA-COLA VERSI “KABAYAN”. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain Dan Media, 1(1), 01–17. https://doi.org/10.55606/jurrsendem.v1i1.326