Penerapan Desain Grafis Dalam Memasarkan Aplikasi Bangbeli Guna Meningkatkan Pendapatan Mitra Bisnis Pelaku UMKM di PT. Doa Anak Digital (Bangbeli)
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurrsendem.v2i2.1481Keywords:
Desain Grafis, Pemasaran, Aplikasi Bangbeli, Meningkatkan Pendapatan, UMKMAbstract
Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju, masyarakat semakin sadar akan pentingnya kebutuhan informasi. Dunia digital dan internet juga berdampak pada dunia pemasaran, dengan perusahaan dan organisasi semakin menyadari pentingnya strategi pemasaran yang terintegrasi. Digital marketing dapat memudahkan para pelaku bisnis untuk memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon pelanggan. Ada berbagai cara untuk memasarkan produk melalui media sosial, salah satunya adalah desain grafis. Desain grafis sendiri digunakan untuk menyampaikan pesan yang tepat sasaran dengan konsep komunikasi dan kreativitas menggunakan berbagai media dan teknik. Tujuan dari proyek ini untuk mengaplikasikan desain grafis dalam memasarkan aplikasi Bangbeli yang diharapkan dapat membantu memulihkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM sebagai mitra usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pada project ini penulis menggunakan skema diseminasi hasil dengan membagikan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan secara lebih luas oleh masyarakat. World Health Organization., (2018), menurutnya diseminasi hasil merupakan proses mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan penelitian atau temuan kepada pemangku kepentingan yang relevan untuk menginformasikan kebijakan, praktik, dan pengambilan keputusan. Hasil proyek ini diharapkan dapat mendorong terobosan baru bagi masyarakat berupa aplikasi yang dapat memberikan tambahan penghasilan dari rumah.
References
Dewojati, R. K. W. (2015). Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan. Imaji, 7(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6633
Eko Valentino, D. (2018). Perancangan Logo Brand Identity Sandpiper Sebagai Upaya Peningkatan Brand. Tematik, 5(2), 40–53. https://doi.org/10.38204/tematik.v5i2.158
Komunikasi, S., Restaurant, P., Membangun, D., Image, B., Consumen, D. A. N., & Di, B. (2021). Program studi ilmu komunikasi fakultas bahasa dan ilmu komunikasi universitas islam sultan agung semarang 2021. 32801700015.
Kuncoro, M. G. (2010). Desain grafis periklanan dalam menciptakan brand image di PT. Galangpress Media Utama.
Mutiara, F. (2022). Entrepreneurial Marketing Start-Up Media Siber Lokal Kempalan.Com Di Jawa Timur: Strategi Menuju Sustainability? Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(1), 16–23. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.1.16-23
Nugraha, D. P. (2021). Perancangan Desain Komunikasi Visual sebagai Media Interaksi Pada Konsumen LAPORAN KERJA PRAKTIK Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual Perancangan Desain Komunikasi Visual sebagai Media Interaksi Pada Konsumen.
Pranoto, R. E., Agnes, D., Bangun, N., & Anggarini, A. (2023). PEMASARAN DIGITAL UMKM MELALUI DESAIN LANDING PAGE. 8(1), 15–20.4
Skripsi, N. (2021). Nomor skripsi 4861/kom-d/sd-s1/2021.
Eko Valentino, D. (2018). Perancangan Logo Brand Identity Sandpiper Sebagai Upaya Peningkatan Brand. Tematik, 5(2), 40–53. https://doi.org/10.38204/tematik.v5i2.158
Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abdillah Hanif Isna S, Maharani Ikaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.