PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG MERAH (phaseolus vulgaris) TERHADAP WAKTU APLIKASI DAN DOSIS PEMBERIAN VERMIKOMPOS

Authors

  • Putri Bela Nurdianti Universitas Pat Petulai
  • Eko Fransisko Universitas Pat Petulai
  • Rizky Septika Utami Universitas Pat Petulai

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrit.v1i2.590

Keywords:

Kacang Merah, Pertumbuhan, Vermikompos (secara alfabetis).

Abstract

Penelitian terhadap pertumbuhan dan hasil kacang merah terhadap waktu aplikasi dan dosis vermikompos di Kelurahan Air Duku Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong,  bertujuan untuk menentukan waktu aplikasi dan dosis vermikompos terbaik untuk hasil kacang merah dan menentukan waktu aplikasi dan dosis vermikompos terbaik untuk pertumbuhan kacang merah. Penelitan ini menggunakan 2 faktor perlakuan yang pertama adalah dosis vermikompos yang terdiri dari 5 perlakuan. Perlakuan kedua adalah waktu aplikasi diulang sebanyak 3 kali dan terdiri dari 2 sampel tanaman sehingga terdapat 90 satuan percobaan. Variabel pengamatan terdiri dari Tinggi Tanaman (cm) 20 hst tinggi tanaman (cm) 30 hst, Jumlah Daun 20 hst (helai), jumlah daun 30 hst (helai ), Umur Berbunga, Umur Panen (hst), Jumlah Buah Pertanaman  (buah) Bobot Buah Pertanaman  (g), Panjang Buah (cm). Penelitian di laksanakan pada bulan April sampai dengan Juli 2022 di Kelurahan Air Duku, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu dengan ketinggian 700 mdpl.

 

 

References

Astari, K. 2016. Pengaruh Kombinasi Pupuk N, P, K dan Vermikompos Terhadap Kanduangan C-Organik, N Total C/N dan Hasil Kedelai (Glycine Max (L.) Merill ) Kultivar Edamame. Skripsi. Universitas Padjadjaran. Jawa Barat.

Azhar, M.A., Bahua, I., dan Jamin, F.S. 2013. Pengaruh Pemberian Pupuk NPK Pelangi terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Terung (Solanum melongena L.). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Gersik. Malang.

Anarki, S.G 2019. Pengaruh Waktu Pupuk Vermikompos dan Dosis Pupuk Cair Daun Lamtoro (Leucaena leucocephala) Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman sawi (Brasica Juncea L). Skripsi. Universitas Jember.

Badan Pusat Stastistik Kabupaten Rejang Lebong. 2021. Produksi Tanaman Kacang Merah Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu Tahun 2021.

Djunaedy, A, 2009. Pengaruh Jenis dan Dosis Pupuk Bokashi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). Jurnal Agrovigor 2 (1): 42 – 46

Hartatik, W., Husnain dan Wati, L.R. 2015 Peranan Pupuk Organik Dalam Peningkatan Produktivitas Tanah Dan Tanaman. Balai Penelitian Tanah, Jl. Tentara Pelajar No. 12, Cimanggu, Bogor 16114.

Hasan, M. dan Lewar, Y.2017. Aplikasi Biochar dan Volume Pemberian Air Terhadap Produksi Benih Kacang Merah Varietas Inerie Ngada di Dataran Rendah Lahan Kering Beriklim Kering. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan 17: 212–219.

Hosang, E.Y., Samapaty, M.R., Bhuja, P. dan Arsa, I.G.B.A. 2006. Pelepasan Benih Kacang Merah Sebagai Varietas Unggul di Badan Benih Nasional. Badan Bimas Ketahanan Pangan Kabupaten Ngada, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTT dan Universitas Nusa Cendana, Jakarta.

Jati, P.B, Hastuti, P.B, dan Rusmarini,U.K. 2018. Pengaruh pemberian pupuk kandang dan dosis pupuk P terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kacang panjang (Vigna sinensis L.). Jurnal Agromast 3(1):1-18.

Johan, S. 2010. Pengaruh Macam Pupuk NPK dan Macam Varietas terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terong Ungu. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Kusnadi, M.H. 2000. Potensi Pupuk Organik Kascing dan Pupuk Hayati Cendawan Mikoriza dalam Pertanian Organik. Prosiding Seminar Nasional Pertanian Organik. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran. Yogyakarta.

Lewar, Y., Heo, Y.H.D., dan Bunga, S.J., 2014. Produksi dan Kualitas Benih Kacang Merah di Dataran Rendah Pada Tingkat Kerapatan Tanaman dan Pemupukan NPK Berbeda (Laporan Penelitian Hibah PNBP). Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

Johan, S. 2010. Pengaruh Macam Pupuk NPK dan Macam Varietas terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terong Ungu. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Mariana, P., Sipayung, R. dan Sinuraya, M. 2012. Pertumbuhan dan produksi bawang merah (Allium ascalonicum L.) dengan pemberian vermikompos dan urine domba. Jurnal Online Agroekoteknologi 1(1): 25-38.

Mashur. 2001. Vermikompos (Kompos Cacing Tanah) Pupuk Organik Berkualitas dan Ramah Lingkungan. Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IPPTP). Mataram. NTB. Indonesia.

Novita, S.S., Rahmawati, N., Agustina, L, dan Putri, P. 2015. Respons pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai varietas Detam 1 terhadap pemberian vermikompos dan pupuk P. Jurnal Agroekoteknologi 3(4): 1591-1600.

Nurhidayati, Machfudz, M, dan Murwani,I. 2017. Pertumbuhan, Hasil dan Kualitas Tanaman Brokoli (Brassica oleraceae L.) Sebagai Respon Terhadap Aplikasi Tiga Macam Vermikompos dengan Sistem Penanaman Secara Organik. In: Prosiding. Seminar Nasional. Fakultas Pertanian Universitas Nasional Jakarta. Vol. 8.

Purba, R . 2019. Kacang, Respon pertumbuhan dan produksi tanaman. merah (vigna angularis). dengan pemberian pupuk npk dan pupuk kascing. Jurnal Ilmiah 1(2 ).

Raksun., A . 2016. Aplikasi Pupuk Organik Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bibit Jambu Mete (Anacardium Occidentale L.). Jurnal Biologi Tropis.

Rukmana, R. 2009. Budidaya Buncis. Kanisius.Yogyakarta.45 hal.

Rusmana, N., dan Salim, A.A., 2003. Pengaruh Kombinasi Pupuk Daun Puder dan Takaran Pupuk N, P, K yang Berbeda terhadap Hasil Pucuk Tanaman Teh (Camelia sinensis (L) O. Kuntze) Seedling, TRI 2025 dan GMB 4. Jurnal Penelitian Teh dan Kina.

Sutedjo, M. 2000. Pupuk dan Cara Pemupukan. Jakarta: Rineka Cipta Purwa, D. R. 2007. Petunjuk Pemupukan. Agro Media Pustaka. Jakarta.

Sitiawati, T., Karmana,O., dan Putri, T, S.2010. Pertumbuhan Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L c.v GARUT ) Pada Tanaman Latsol Yang Inoulasi Mikofer dan Diberi Kompos Organik.Jurnal Penelitian.

Siswanto, U., Sukardjo, E.I. dan Risnaily. 2004. Respon Tanaman Tempuyung (Sonchus arvensis L) Pada Berbagai Takaran dan Aplikasi Vermikompos. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian Indonesia. 6 (2): 83-90.

Sutedjo, M.M., dan Kartasapoetra, A.G. 2005. Pengantar Ilmu Tanah. Terbentuknya Tanah dan Tanah Pertanian. Jakarta (ID): Bina Aksara.

Susetya, D. 2014. Panduan Lengkap Membuat Pupuk Organik. Bandung.

Sutanto, R. 2002. Penerapan Pertanian Organik: Pemasyarakatan dan Pengembangannya. Kanisius, Yogyakarta.

Suparno, B., Prasetya, A., dan Soemarno. 2013. Aplikasi vermikompos pada budidaya organik tanaman ubijalar (Ipomoea batatas L.) Indonesian Green Technology journal. 2(1):37-44.

Wiyono, T. 2012. Teknik Budidaya Tanaman Kacang Merah, Laporan Praktek Lapangan. Universitas. Palu.

Widodo, R. W., Taryana, Y., dan Niawati, E. 2019. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Merah Besar Phaseolus vulgaris. L. Jurnal Pertanian, 10(2); 71-79.

Yuwono, S.S.2015. Kacang Merah. Atrikel. Universitas Brawijaya.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Putri Bela Nurdianti, Eko Fransisko, & Rizky Septika Utami. (2022). PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG MERAH (phaseolus vulgaris) TERHADAP WAKTU APLIKASI DAN DOSIS PEMBERIAN VERMIKOMPOS. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Tanaman, 1(2), 62–77. https://doi.org/10.55606/jurrit.v1i2.590