ANALISIS POTENSI, TANTANGAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PERTANIAN DI KABUPATEN NIAS, PROVINSI SUMATERA UTARA

Authors

  • Omirais Lawolo Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Beriman Agape Waruwu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Kalva Fernando Pelawi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Boboy Gusri Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrit.v1i2.431

Keywords:

Potensi, Tantangan, Strategi Pengembangan Pertanian

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, dengan kondisi tanah dan musim yang cocok untuk sektor pertanian. Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar mata pencaharian masyarakat Indonesia berasal dari sektor pertanian yang memegang peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Sektor pertanian berkontribusi besar bagi perekonomian indonesia. Hal ini dilihat dari pertumbuhan domestik bruto (PDB), pertanian merupakan tiga besar penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) nasional yang tumbuh bersama industri dan pertambangan yaitu sebesar 12,98 persen dengan pertumbuhannya sebesar 1,37 persen. Penentuan daerah penelitian ini dilakukan secara sengaja (Purposive Method) yakni di Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara. Adapun pengambilan sampelnya adalah petani sebanyak 30 responden yang berada di Kecamatan Somolo-molo dari populasi seluruh petani yang berada di Kabupaten Nias. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Kabupaten Nias memiliki potensi besar dibidang pertanian yaitu dibidang SDA, iklim, luas lahan pertanian dan Sumber daya manusia (SDM) yang mayoritas bekerja sebagai petani. Tantangan yang dihadapi dalam pengembangan pertanian di Kabupaten Nias adalah ketersediaan bibit, pupuk, dan pestisida, rendahnya pengetahuan petani akan teknologi, teknik budidaya yang masih konvensional, kurangnya perhatian pemerintah, pertanian dipandang sebelah mata, rendahnya minat regenerasi muda untuk terjun ke dunia pertanian dan rantai niaga yang merugikan petani. Strategi yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan pertanian di Kabupaten Nias adalah pengembangan bibit unggul dari tanaman sendiri, pertanian berbasis teknologi, digitalisasi informasi dan pemasaran produk pertanian, pembangunan infrastruktur pendukung pertanian, kebijakan pemerintah yang pro dengan petani dan pertanian.

 

 

References

Abidin. (2021). 7 Strategi Pengembangan Sektor Pertanian. Diakses dari https://www.qureta.com/post/7-strategi-pengembangan-sektor-pertanian pada 4 Oktober 2022

Antaranews.com (2019). Pemkab Nias data ulang luas lahan pertanian. Diakses dari https://sumut.antaranews.com/berita/247682/pemkab-nias-data-ulang-luas-lahan-pertanian pada 3 Oktober 2022.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nias. (2020). Jumlah Penduduk Kabupaten Nias. Diakses dari https://niaskab.bps.go.id/indicator/12/126/1/jumlah-penduduk-menurut-jenis-kelamin-di-kabupaten-nias-.html pada 3 Oktober 2022

Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Tiga Besar Penyumbang PDB Nasional. Diakses dari http:www.bps.go.id/, pada tanggal 30 September 2022.

Fauzi, N. F. (2018). Potensi Dan Strategi Pengembangan Pertanian Pada Kelompok Tani Sumber Klopo I. Jurnal Agribest, 2(2), 159-177.

Haloho, L. (2015). Prospek, Kendala, Dan Peluang Pengembangan Ubijalar Di Kepulauan Nias. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang Dan Umbi (P. 634).

Laili, E. F., & Diartho, H. C. (2018). Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Tanaman Pangan di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Journal of Regional and Rural Development Planning, 2(3), 209-217.

Singarimbun, M. (1989). Metode Penelitian Survey. LP3ES: Jakarta

Soetriono & Hanafie, R. (2007). Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Suaratani.com. (2022). Miliki Potensi Besar, Pemprov Akan Kembangkan Sentra Pertanian dan Perikanan di Nias. Diakses dari https://www.suaratani.com/2022/03/miliki-potensi-besar-pemprov-akan.html pada 3 Oktober 2022.

Sugiyono (2002). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung

Vintarno, J., Sugandi, Y. S., & Adiwisastra, J. (2019). Perkembangan Penyuluhan Pertanian Dalam Mendukung Pertumbuhan Pertanian Di Indonesia. Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik, 1(3), 90-96.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Omirais Lawolo, Beriman Agape Waruwu, Kalva Fernando Pelawi, & Boboy Gusri Saragih. (2022). ANALISIS POTENSI, TANTANGAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PERTANIAN DI KABUPATEN NIAS, PROVINSI SUMATERA UTARA. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Tanaman, 1(2), 35–45. https://doi.org/10.55606/jurrit.v1i2.431