RELASI SAINS DAN AGAMA : MATERI BESARAN DAN SATUAN DALAM MENINGKATKAN KEIMANAN PESERTA DIDIK

Authors

  • Mohamad Fatkhurohman SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo
  • Robingun Suyud El Syam Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i1.782

Keywords:

sains dan agama; besaran dan satuan; keimanan

Abstract

Agama dan sains merupakan kekuatan yang mampu mentransformasi kehidupan manusia. Harmonisasi diantara keduanya berusaha mengarahkan dan memberikan kesejahteraan bagi umat manusia. Namun, karena ketidaktahuan atau kemalasan seingkali manusia menganggap ada dikotomi antara keduanya, padahal keduanya terkait kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap relasi sains dan agama: materi besaran dan satuan dalam meningkatkan keimanan peserta didik. Melalui penelitian kualitatif korelasi, menyimpulkan: Dalam fisika, besaran diartikan sebagai sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Sebuah besaran dinyatakan dengan angka diikuti dengan satuan. Angka tanpa diikuti satuan akan menjadi sesuatu yang tidak bermakna. Idealnya sebuah alat ukur memiliki akurasi, presisi dan sensitivitas yang baik sehingga tingkat kesalahannya relatif kecil dan data yang dihasilkan akan akurat. Ukuran adalah sesuatu yang sangat mendasar dalam bidang apapun. Ukuran erat kaitannya dengan takaran, dan dosis  yang sesuai dengan maksud firman Allah Swt dalam surat Al Qamar (54): 49, yang esensinya Apa yang terjadi pada semua makhluk sudah ditetapkan oleh Allah. Segala sesuatu menurut ukuran, yaitu suatu sistem dan ketentuan yang telah ditetapkan, tetapi manusia wajib berusaha, ketentuan-Nya diserahkan kepada usaha manusia. Dengan memahami konsepsi ini peserta didik akan bertambah nilai keimanannya.

 

References

Al-Qur’an, L. P. M. (2016). Tafsir Ringkas Al-Qur’an Al-Karim. Kementerian Agama.

Andani, M. (2020). E-Modul Fisika Dasar I Berbasis 3D Pageflip Professional. Schrodinger Journal of Physics Education, 1(2), 44–47. https://doi.org/https://doi.org/10.37251/sjpe.v1i2.79

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta.

Asdiqoh, S., & Zaman, B. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Madrasah Aliyah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 92–102. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3510

Ayu, D. G., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2019). Media Pembelajaran Powtoon Terintegrasi Nilai-Nilai Agama pada Pembelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 65–74. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3088

Fereday, J., & Muir-Cochrane, E. (2006). Demonstrating Rigor Using Thematic Analysis: A Hybrid Approach of Inductive and Deductive Coding and Theme Development. International Journal of Qualitative Methods, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.1177/160940690600500107

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317–324. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324

Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. IInformation Management For Educators And Professionals : Journal of Information Management, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1411

Indriani, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Besaran dan Satuan. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.53299/diksi.v1i1.87

Kebudayaan, K. P. (2016). Hasil Pencarian - KBBI Daring. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kementerian Agama. (2020). Qur’an Kemenag. In Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Mujizatullah, M. (2019). Islamic-Based Physics Learning Model in the Subject of Solar System and Life on Earth. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 19–31. https://doi.org/10.26618/jpf.v7i1.1736

Ningsih, S. W. (2021). Implementasi Prinsip produksi islam dan perilaku negative pada praktik bisnis non syariah dengan konsep pemikiran mehdi golshani. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 8(1), 88–109. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v8i1.4103

Nugroho, C. F., Yulianto, E., & Sumber, S. (2020). Pengukuran Arus dan Frekuensi pada Alat Elektrostimulator. Jurnal Teknokes, 13(1), 8–13. https://doi.org/10.35882/teknokes.v13i1.2

Rahmania, S., & Royanto, L. (2021). Adaptasi Alat Ukur Keterlibatan Pembelajar Daring Pada Mahasiswa Di Indonesia. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(2), 173–185. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p173

Rahmawati, U. N. A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di MIM Pundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 1(1), 16–25. https://doi.org/10.22515/jenius.v1i1.3025

Saad, M. (2016). Pemikiran Mehdi Golshani tentang Dialektika Agama dan Sains. TEOSOFI: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 6(2), 330–354. https://doi.org/10.15642/teosofi.2016.6.2.330-354

Shofa, M., Nailufa, L. E., & Haqiqi, A. K. (2020). Pembelajaran IPA Terintegrasi Al-Quran dan Nilai-Nilai Pesantren. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(1), 81–90. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.1928

Susanti, Y. (2019). Menginterkoneksi Sains dan Agama dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 1(2), 89–101. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.209

Walhidayat, W., Febriadi, B., & Devega, M. (2019). Penerapan Teknologi Bagi Orangtua Untuk Kontrol dan Pemantauan Tumbuh Kembang Balita dengan Aplikasi Android Mobilephone. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 2(3), 206–213. https://doi.org/10.36341/jpm.v2i3.808

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

Mohamad Fatkhurohman, & Robingun Suyud El Syam. (2023). RELASI SAINS DAN AGAMA : MATERI BESARAN DAN SATUAN DALAM MENINGKATKAN KEIMANAN PESERTA DIDIK. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 2(1), 213–224. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i1.782