METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN MEDIA THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Nurdina Hasanah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sapna Andani Batubatara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dalilah Awanis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i1.779

Keywords:

Metode Kooperatif, Pembelajaran Matematika SD, Media TPS.

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dengan alat bantu pembelajaran matematika.Banyak siswa memiliki kesan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif ragam TPS dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada jenjang kelas lima sampai dengan kelas enam. Partisipan dalam penelitian ini adalah 21 siswa kelas lima. Penelitian ini merupakan penelitian observasi kelas. Teknik pengumpulan data berdasarkan nilai tes siswa.Teknik analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dan kuantitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika secara keseluruhan mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan naiknya nilai ujian antara semester pertama dan kedua (masing-masing 1410 dan 1600; 67 dan 76 persen; 67 dan 76 persen; 76% dan 95% ketuntasan belajar). Hasil belajar meningkat antara siklus pertama dan kedua. Berdasarkan angka tersebut, rata-rata hari kerja menjadi lebih lama sekitar 9 persen, dan rata-rata lama waktu yang dihabiskan untuk belajar meningkat sekitar 24 persen. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran kooperatif seperti TPS dengan siswa kelas V dapat meningkatkan nilai matematika mereka. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mencapai hasil belajar yang lebih baik dengan memfasilitasi pengembangan model pembelajaran yang disesuaikan dengan kepribadian unik setiap individu.

References

Marta, R. (2017) ‘Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Sekolah Dasar’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), pp. 74–79. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.24.

Abdurrahman, Ariawan, R., & Andrian, D. (2021) ‘Jurnal pendidikan matematika.’, Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), pp. 111–121. Available at: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/816/229.

Budiharjo, J. (2019) ‘Model Pembelajaran Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika’, Jurnal Dikdas Bantara, 2(1), pp. 1–14. Available at: https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.189.

Maretanika Puspitasari. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think pair share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi: Univet Bantara Sukoharjo.

Pita Damayanti. 2013. Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika pada Pecahan dengan Metode Cooperative Learning Tipe Think pair share bagi siswa Kelas V SD Negeri 2 Setrorejo Baturetno Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi: Univet Bantara Sukoharjo.

Aisyah, P. N., Nuraini, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa Smp. Journal on Education, 1(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.11.

Annisa, F., & Marlina. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047 – 1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209.

Ardianto, D., & Rubini, Bi. (2016). Literasi Sains dan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9650.

bambang sri anggoro. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 15. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.23.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741.

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Nurdina Hasanah, Sapna Andani Batubatara, & Dalilah Awanis. (2023). METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN MEDIA THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 2(1), 202–212. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i1.779