Desain Media E-Booklet Terintegrasi Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Materi Relasi Dan Fungsi

Authors

  • Lulu Sopanda IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty IKIP PGRI Pontianak
  • Hartono Hartono IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i1.778

Keywords:

E-Booklet, Video Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis, Relasi dan Fungsi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media e-booklet terintegrasi video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis dalam materi relasi dan fungsi pada siswa kelas VIII di SMP Santo Fransiskus Asisi Pontianak. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang dalam prosedur penelitiannya menerapkan model pengembangan Thiagarajan yang dibatasi sampai pada tahap pengembangan produk (development). Subjek pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang dosen IKIP PGRI Pontianak dan 1 orang guru matematika SMP Santo Fransiskus Asisi Pontianak yang bertugas sebagai validator. Adapun yang dinilai oleh validator adalah kevalidan materi dalam media e-booklet, kevalidan media e-booklet, dan  kevalidan lembar instrumen yang akan digunakan dilapangan. Lembar instrumen tersebut adalah angket lembar validasi dan angket respon terhadap penggunaan media  e-booklet. Sedangkan subjek uji coba produk adalah siswa kelas VIIIA  SMP Santo Fransiskus Asisi Pontianak sebanyak 18 orang siswa. Indikator kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini terdiri dari 4 indikator, yaitu: Interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan Inferensi. Berdasarkan hasil validasi oleh 3 orang validator materi dan media terhadap desain media e-booklet terintegrasi video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis dalam materi relasi dan fungsi pada siswa kelas VIII di SMP Santo Fransiskus Asisi Pontianak, setelah diakumulasikan diperoleh tingkat kevalidan sebesar 92,86% dengan kriteria sangat valid sehingga media tersebut layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kemudian hasil angket respon siswa dan angket respon guru setelah diakumulasikan diperoleh tingkat kepraktisan media  e-booklet sebesar 92,07% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya hasil pengerjaan posttest siswa subjek penelitian dari 17 siswa diperoleh 11 orang tuntas dengan skor diatas KKM (≥70) dan tingkat keefektifan produk sebesar 64,71% dengan kriteria efektif.

 

 

References

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3 (1), 116-137. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5 (2), 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995

Ghifari, M.T. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Edukasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP di Masa Pandemi Corona Virus Disease 19 (COVID-19). Skripsi S1, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/65024

Hendriana, H. & Soemarmo, U. (2019). Penilaian PEMBELAJARAN Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Herawati, A.S. (2014). Konstruksi Konsep Relasi dan Fungsi dalam Sistem Gui Matlab. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (1), 268-271. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/view/958

Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: PT Refika Aditama.

Marlina, W. & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5 (1), 392-396. https://ns.umpwr.ac.id/prosiding/index.php/sendika/article/view/741/0

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Deepublish.

Mulyasa. (2013). Pengembangan Dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nisa, K. (2021). Pengembangan Media Booklet Kimia Berbasis SETS pada Kelas X MAN 2 Tanah Datar. Skripsi S1, IAIN Batusangkar. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/21080

Pralisaputri, K.R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco, 2 (2), 147-154. https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/8930/7946

Puspita, A., Kurniawan, A.D., & Rahayu, H.M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4 (1), 64-73. https://dx.doi.org/10.29406/524

Reni, Z.M. (2021). Efektivitas Penggunaan Booklet dan Leaflet Sebagai Media Promosi Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Wanita Usia Subur (WUS) dalam Pencegahan Stunting pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Skripsi S1, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/6120

Rofiah, E., Aminah, N.S., & Ekawati, E.Y. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (2), 17-22. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/2797

Rosyid, Z., Sa’diyah, H., & Septiana, N. (2020). Ragam Media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Sagita, M. & Khairunnisa. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik di Era Digital 4.0 Utilization Of E-Learning For Educators In Gigital Era 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 2 (2), 35-41. https://doi.org/10.47647/jsh.v2i2.169

Sari, I.P., Supandi., & Ariyanto, L. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (2), 102-107. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5770

Sari, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Video Pembelajaran Untuk Memfasilitasi Siswa dalam Memahami Konsep Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 3 Kotabumi, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Kotabumi. http://repository.umko.ac.id/id/eprint/157

Setiawan, H. & Wardhani, H.A.K. (2018). Pengembangan Media E-Booklet pada Materi Keanekaragaman Jenis Nepenthes. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2 (2), 82-88. https://doi.org/10.51826/edumedia.v2i2.186

Siswono, T.Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Vawanda, E.J. & Zainil, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis QR Code untuk Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Kelas IV SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8 (7), 124-130. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10332

Wahyudi, R.E. (2020). Pengembangan Mathematics Booklet Android-Application (MBA-App) Berbasis Problem Based Learning Dalam Materi Turunan Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mempawah Hilir. Skripsi, IKIP PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.

Yani, A., Sahriah., & Haerunnisa. (2018). Efektivitas Pendekatan Saintifik dengan Media Booklet Higher Order Thinking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kabupaten Wajo. Jurnal Biology Science & Education, 7 (1), 1-12. http://dx.doi.org/10.33477/bs.v7i1.387

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Dalam: Seminar Nasional Pendidikan 2017, Sukabumi. http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/354

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Lulu Sopanda, Utin Desy Susiaty, & Hartono Hartono. (2023). Desain Media E-Booklet Terintegrasi Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Materi Relasi Dan Fungsi. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 2(1), 188–201. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i1.778