Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Self-Regulated Learning pada Materi Logika Matematika di SMA Negeri 1 Kembayan

Authors

  • M. Farhan Faranza Alfansa IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty IKIP PGRI Pontianak
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.756

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Self Regulated Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari self-regulated learning. Adapun bentuk penelitian yang digunakan yaitu desain faktorial (factorial design) modifikasi dari desain true experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Kembayan yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instumen penelitian berupa soal tes dalam bentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis satu jalan sel tak sama dengan uji normalitas menggunakan uji Lilifors dan homogenitas menggunakan Uji Bartlett. Hasil penelitian setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning diperoleh bahwa: (1) hasil belajar siswa dengan kategori self regulated learning tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki kategori self regulated learning sedang, (2) hasil belajar siswa dengan kategori self regulated learning tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki kategori self regulated learning rendah, dan (3) hasil belajar siswa dengan kategori self regulated learning sedang lebih baik dari pada siswa yang memiliki kategori self regulated learning rendah.

 

 

References

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo.

Astutik, S. M., & Wasiti. (2016). Pengaruh self regulated learning dan ketersediaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 2(1), 50–57.

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarno, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. PT Refika Aditama.

Hulu, T., & Minauli, I. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar. Psikologi. Psikologi, 5(2).

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Sianturi, J., & Pangabean, F. T. M. (2019). Implementasi Problem Based Learning (PBL) menggunakan Virtual Dan Real Lab Ditinjau dari Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 1(2), 58. https://doi.org/10.24114/jipk.v1i2.15460

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

M. Farhan Faranza Alfansa, Utin Desy Susiaty, & Marhadi Saputro. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Self-Regulated Learning pada Materi Logika Matematika di SMA Negeri 1 Kembayan. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(2), 235–244. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.756