Analisis Self-confidence dalam Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMPN 1 Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu

Authors

  • Sunarti Alawiyah IKIP PGRI Pontianak
  • Nurmaningsih Nurmaningsih IKIP PGRI Pontianak
  • Iwit Prihatin IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.755

Keywords:

Analisis, self confidence, pemecahan masalah matematis.

Abstract

Penelitian ini mengimplementasikan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menganalisis self confidence siswa dalam pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 1 Mentebah. Data dikumpulkan dan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata dalam penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Mentebah. Data penelitian ini dikumpulkan melalui cara-cara tertentu yaitu, tes, angket, wawancara yang digunakan untuk menganalisis self-confidence yang telah dialami oleh siswa dalam pemecahan masalah matematis, kemudian diolah menjadi suatu informasi yang jelas dan mudah dipahami. sumber data dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII dan 1 guru bidang studi di SMP Negeri 1 Mentebah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran, teknik komunikasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa tes soal, angket, pedoman wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara umum semakin tinggi self confidence pada masing-masing kategori maka semakin tinggi pula kemampuan pemecahan masalah siswa yang dimiliki siswa, sehingga tingkat self confidence siswa selaras dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

 

 

 

References

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. In N. F. Atif (Ed.), Refika Aditama (1st ed.). Refika Aditama.

Ibrahim dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-Press

Maimunah, M., Purwanto, P., Sa’dijah, C., & Sisworo, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA Al-Muslimun. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.17-30

Nur, H. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa Kelas X MA Al Ashor Kota Semarang. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang: tidak diterbitkan.

Rahayu, Apriyanti Yofita. 2013. Anak Usia TK; Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks.

Setyaningrum, A., Ariyanto, L., & Matematis, K. P. (2017). Pengaruh Self-Confidence Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Seminar Nasional Dan Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang,2.

Setyaningrum, A., Ariyanto, L., & Matematis, K. P. (2017). Pengaruh Self-Confidence Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Seminar Nasional Dan Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang,2.

Yusuf, H. (2014). Matematika: Strategi Pemecahan Matematika. Graha Ilmu.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Sunarti Alawiyah, Nurmaningsih Nurmaningsih, & Iwit Prihatin. (2022). Analisis Self-confidence dalam Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMPN 1 Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(2), 221–234. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.755