Pengembangan E-LKPD berbasis Etnomatematika dalam Permainan Senaporan dan Selimban berbantuan Live Worksheet
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.752Keywords:
E-LKPD, Ettnomatematika, Live WorksheetAbstract
Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (RnD). Rancangan penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Thiagarajan yang juga dikenal dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Alat pengumpul data yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman matematis, lembar validasi, dan angket respon guru. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 2 Sambas yang berjumlah 28 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Etnomatematika dalam Permainan Senaporan dan Selimban berbantuan Live Worksheet terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis pada Materi Peluang di Kelas VIII MTs Negeri 2 Sambas yang dilihat dari tingkat kevalidan, keefektivan dan kepraktisan. Hasil dari rata-rata persentase validasi yang diperoleh adalah 94,44% dengan kriteria sangat valid. Untuk hasil dari angket respon guru memproleh persentase nilai sebesar 96,47% dengan kriteria sangat praktis, maka E-LKPD yang dikembangkan telah dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dengan sedikit revisi. Ketuntasn belajar klasikal dapat tercapai jika memenuhi 75% dengan nilai peserta didik harus lebih besar atau sama dengan 75. Hasil dari tes peserta didik memperoleh persentase nilai 85,72% dengan kriteria sangat efektif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan.
References
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. SINASIS, 2(1), 61-72.
Bombang, V., Fayeldi, T., & Pranyata, Y. I. P. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Aplikasi Live Worksheet pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang. Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 4(1), 27-41. https://doi.org/10.21067/jtst.v4i1.6890
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif, 9(1), 11-20.
Fuadi, A., Rahmah, N., Mole, P. N., Harahap, H. H., Supriyanto, Yudhanegara, D., Rif’an, A., Wibowo, D. E., & Ramayani, N. (2021). Pengantar Ilmu Pendidikan 1(ed.). DOTPLUS Publisher.
Hidayanto, D. N., Ham, Z. H., Rahardjo, B., Sunarno, & Mangkuwiyata, S. (2020). Pengantar Ilmu Pendidikan (Teoretis Sistematis untuk Guru dan Calon Guru) (1 ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=UZ9OEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=pengembangan+bahan+ajar&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=pengembangan%20bahan%20ajar&f=false
Lestari, K. E., & Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Maghfiroh, R. L., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnomatematika Menggunakan Aplikasi Anyflip Materi Segiempat dan Segitiga. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 15-27.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. 03(2), 333-352.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematik, 4(2), 645-656.
Rohmah, S. N. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika (1 ed.). UAD PRESS. https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Pembelajaran_Matematika/wRExEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Pengertian+Matematika&pg=PA1&printsec=frontcover
Safitri, D., Hartoyo, A., & Nursang, A. (2015). Eksplorasi Konsep Matematika pada Permainan Masyarakat Melayu Sambas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6), 1-12.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Refleksia, 03(02), 171-176.
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif (11 ed.). Alfabeta.
Tamara, K. J., Astuti, R., & Saputro, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika pada Rumah Tradisional Melayu Bermuatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(1), 1-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.