PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i1.742Keywords:
Pembelajaran Beerbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Penelitian ini termasuk dalam kategori eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan dengan sampel kelas VIII-Terpadu 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-Terpadu 2 sebagai kelas control yang dipilih dengan metode random sampling. Pada kelas eksperimen diberikan pembelajaran berbasis masalah sedangkan pada kelas control diberikan pembelajaran langsung/konvensional. Instrumen tes yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 3 soal kemampuan berpikir kritis matematis yang telah dinyatakan valid. Berdasarkan data posttest, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,08 dan nilai rata-rata padaa kelas control sebesar 77,06. Melalui analisis uji statistik data terbukti berdistribusi normal dan homogen sehingga dilakukan uji hipotesis. Hasil dari uji hipotesis menggunakan uji independent Samples Test diperoleh hasil Sig (2-tailed) yaitu sebesar 0,001 hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang merujuk bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Untuk memperkuat hasil uji maka dilakukan uji t satu pihak yang menunjukkan nilai pada taraf nyata a =0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP
References
Amir, M. T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Base Learning. Jakarta: Kencana.
Akhiruddin.,dkk. (2019). Belajar dan Pembeajaran. Makassar: CV Cahaya Bintang Gemerlang.
Amir, Zubaidah. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Baron, J. B. Stemberg, R. J. (1987). Teaching Thinking Skill: Theory and Practice. New York: W. H. Freeman and Company
Damayanti, S. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran Himpunan dengan Model Jucama Ditinjau dari Gender. Simki-Techsain, 2(7), 2-8.
Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.
Hamdayana, Jumanta. 2017. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hasratuddin. 2013. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. 6(2)
Hidayat, R., dan Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPPI
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sianturi, Aprilita.,dkk. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning(PBL)TerhadapKemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1)
Sudjana. (2016). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujana, Rai Dan Utu Rahim. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Kendari Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 1(1)
Sukino dan Simangunson, Wilson. 2007. Buku matematika untuk SMP kelas VII jilid 1. Jakarta: Erlangga
Surip, Muhammad. 2014. Berpikir Kritis. Jakarta: Halaman Moeka Publishing
Sunaryo, Yoni. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. 1(2)
Supriyadi. 2016. Community Of Practitioners :Solusi Alternatif Berbagi pengetahuan Antar Pustakawan. Lentera Pustaka. 2(2)
Sudjana. 1985. Desain dan Analisis Eksperimen. Bandung: Tarsito.
Syahbana, A. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Edumatica. 1(1)
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Grup.
Widiasworo, Erwin. 2018. Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media
Widiani, Santy. 2018. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematissiswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(1)
Zulkarnain.,dkk. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma. Pasundan Journal of Mathematics Educati. 6(2).