Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.718Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, SPLTVAbstract
Penelitian ini bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini bersifat kuantitatif. Informasi kuantitatif ini diperoleh dari ujian tertulis yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini berfokus pada siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Tayan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tayan Hulu dengan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Berdasarkan hasil respon siswa terlihat bahwa ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika bersumber dari mereka terbiasa mengerjakan soal dengan cara menghafal rumus dan langsung memasukkannya, sehingga tidak memenuhi indikator untuk matematika. kemampuan memecahkan masalah. Dengan demikian, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis di kalangan siswa tergolong rendah. Terdapat tanda-tanda yang belum dipahami siswa yaitu indikator 1 dan 2, sehingga indikator 3 dan 4 tidak dapat dijalankan dengan sempurna.
References
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162
Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, H. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi, 14, 169.
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603
Lestari, A. D., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Siswa Di Kelas Viii SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kahatulistiwa, 9(9), 1–8.
Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.
Rismawati, M. (2016). Melinda Rismawati.,. Mengembangkan Peran Matematika Sebagai Sarana Berpikir Ilmiah, 7(2), 203–215.
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413
Siti Apsoh, Awan Setiawan, & Susanti, S. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Daring. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(2), 31–41. https://doi.org/10.55784/jupenji.vol1.iss2.199
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Metode Penelitian. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.