MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA LEGO WARNA BERTINGKAT DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Midya Yuli Amreta Unversitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.599

Keywords:

hasil belajar, penjumlahan bilangan bulat, media lego warna bertingkat.

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran Matematika di SDN Trutup 02 Plumpang Tuban. Dalam proses pembelajaran, guru belum memanfaatkan media pembelajaran sebagai sumber belajar. Guru hanya memberikan rumus/konsep yang harus dihafal siswa tanpa melibatkan siswa secara aktif untuk dapat memahami rumus/konsep tersebut dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Sehingga hasil belajar siswa masih kurang. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media lego warna bertingkat untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media lego warna bertingkat. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media lego warna bertingkat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 88%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru pada siklus I sebesar 71,15% dan siklus II sebesar 95,19%, serta adanya peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71,59% dan siklus II sebesar 94,89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa materi penjumlahan bilangan bulat dapat diajarkan dengan menggunakan media lego warna bertingkat.

 

 

References

Arifin, Zaenal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Arief, dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Aqib, Zaenal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung : Yarmamedia.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Standar Isi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdiknas.

Fathani, Abdul Halim. 2009. Matematika Hakikat dan Logika. Jakarta : Ar-ruzz Media.

Heruman. 2012. Model Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, dkk. 2006. Media Pembelajaran. Malang : Laboratorium Teknologi Pendidikan.

Julianto, dkk. 2011. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif, Surabaya: Unesa University Press.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Indeks.

Marini, Arita dan Iskandar Agung. 2011. Bahan Ajar Aritmatika Untuk PGSD. Jakarta : Penerbit Bestari.

Muhsetyo, Gatot. 2012. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Banten : Universitas Terbuka.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Referensi.

Murniati, Endyah. 2007. Kesiapan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Surabaya : Surabaya Intelectual Club.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka Publiser.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Rohmawati, Avidatu. 2011. Penggunaan Kartu Bilangan Bulat sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berhitung pada Siswa Kelas V SDN 2 Gempolkurung Menganti Gresik. Tidak Diterbitkan.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Beririentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sadiman. 2012. Sains : Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arief S, dkk. 2012. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Susanto Ahmad. 2013. Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publiser.

Van de Walle, John A. 2006. Sekolah Dasar dan Menengah Matematika Pengembangan Pengajaran. Jakarta : Erlangga.

Winarsunu, Tulus. 2010. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang : UMM Press.

Downloads

Published

2022-10-29

How to Cite

Midya Yuli Amreta. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA LEGO WARNA BERTINGKAT DI SEKOLAH DASAR. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(2), 170–186. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.599