Pengembangan Media Truth Or Dare Math Berbasis Strategi Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Materi Peluang pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Parindu

Authors

  • Norita Esra Yanti Sinaga IKIP PGRI Pontianak
  • Iwit Prihatin IKIP PGRI Pontianak
  • Muhamad Firdaus IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.576

Keywords:

Media pembelajaran, Truth Or Dare Math, Strategi Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Peluang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Truth Or Dare Math berbasis strategi heuristik dalam materi peluang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parindu yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model rancangan pengembangan 4D, yang terdiri atas define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Parindu sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan soal Posttest. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan truth or dare math berbasis strategi heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam materi peluang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parindu tergolong valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

 

 

References

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016, February). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 151-160).

Indrayanti, R.D, & Masriyah. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Topik Matriks Di SMK Kelas. Jurnal pendidikan Matematika-S1, 5(6).

Noviyana, H., & Fitriani, D. (2019). Pengaruh Model Realistik Mathematiks Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smp. Prosiding Sesiomadika, 2(Ic), 829.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, H. (2020). Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Strategi Heuristik. Sepren, 1(02), 28-33.

Wijayanti, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Truth Or Dare (Tod) Math Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Norita Esra Yanti Sinaga, Iwit Prihatin, & Muhamad Firdaus. (2022). Pengembangan Media Truth Or Dare Math Berbasis Strategi Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Materi Peluang pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Parindu. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(2), 133–143. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.576