Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 9 Kabupaten Luwu Timur

Authors

  • Shofwatul Alfiyah Universitas Muhammadiyah Bone
  • Erwing Erwing Universitas Muhammadiyah Bone
  • Muliana Muliana Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.530

Keywords:

Conceptual Understanding Procedures (Cups), Model Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Proscedures (CUPs) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Luwu Timur.  Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimental dengan tipe One Group   Pre-test Post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pre-test, post-test dan dokumentasi, jumlah populasi 3 kelas yaitu kelas X MIPA 1, kelas X MIPA 2, dan X MIPA 3, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu X MIPA 1 dengan jumlah sebanyak 36 siswa.

Hasil anasisis deskriptif menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran memperoleh skor rata-rata tiap pertemuan yaitu 3,00 dimana skor tersebut berada pada interval 3,00 ≤ skor < 3,50 dan dikategorikan terlaksana. Hasil analisis inferensial menggunakan uji normalitas dan homogenitas diperoleh hasil data normal dan homogen. Uji hipotesis signifikansi menggunakan paired sample pretest posttest diperoleh nilai siginfikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,00 ( Sighitung < 0,05 ) menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variable X dan variable Y. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan hasil belajar siswa. Dari hasil pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS Versi 22 memperoleh hasil nilai siginifikansi kurang dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Luwu Timur.

 

References

Ardianti. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe, Inspiramatika. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, Vol 5, 9, Retrieved Maret 15.

Ardianti. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe, Inspiramatika. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, Vol 5, 9, Retrieved Maret 15.

Dyah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Terhadap Hasil Belajar, Pemahaman Konsep, Pemahaman Prosedur Matematika Kelas VII Mts Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Sripsi, 92, Retrieved Maret.

Gustone. (2019). Structured Cognitive Duscussion Senior High School Physics. Student and Teacher Perseption, Australia.

Ibrahim. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding, (U, Mataram, Ed,). Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.

Jannah. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Ip Sd Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Wasliyah Jakarta Timur. Skripsi.

Lismawati. (2018). Penggunaan Media Lembar Kerja Siswa (Lks). Jurnal Pendidikan.

Silviah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Bakteri Di Man 1 Tanggerang. Skripsi, 179, Retrieved Maret 20, 2020.

Suharman. (2020). Kajian Teori Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Teori Teknologi Pendidikan, Vol 3, 9, Retrieved Maret.

Yazidi. (2018). Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum. Jurnal Model Pembelajaran, 95, Retrieved from e-mail [email protected].

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Shofwatul Alfiyah, Erwing, . E., & Muliana, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 9 Kabupaten Luwu Timur. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(2), 108–118. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.530