Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel

Authors

  • Tri Hendriani IKIP PGRI Pontianak
  • Yadi Ardiawan IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Oktaviana IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.519

Keywords:

Filter Game Edukasi, Instagram, persamaan linear satu variabel.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ketapang yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian dengan model rancangan pengembangan ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari ahli (validator) yaitu validator materi dan validator media. Serta subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP sebanyak 16 orang.Cara pemilihan sampel menggunakan Sampling Purposive. Tingkat kevalidan filter game edukasi berbasis Instagram mencapai kriteria sangat valid dengan kevalidan materi mencapai 87,62% dan kevalidan media mencapai 86,11%. Tingkat kepraktisan filter game edukasi berbasis Instagram mencapai kriteria sangat praktis melalui angketrespon guru yang mecapai 85% dan angket respon siswa mencapai 86%. Selanjutnya tingkat keefektifan filter game edukasi berbasis Instagram melalui validasi empiris dengan kriteria tergolong tinggi dan sangat tinggi, indeks kesukaran dengan kriteria tergolong sedang, daya pembeda dengan kriteria tergolong baik dan sangat baik, dan reliabilitas mencapai 0,84 kriteria tergolong sangat tinggi.

 

 

References

Anggraini, S. Y., Supriatna, A. R., & Soleh, D. A. (2021). Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram Pada Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 145-151.

Arifah, R. E., Sukirman, S., & Sujalwo, S. (2019). Pengembangan Game Edukasi Bilomatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(6).

Hamzah, A. N., & Widodo, D. W. (2021, August).Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Metode Naïve Bayes.In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 3, pp. 007-014).

Indrayanti, R.D, & Masriyah.(2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Topik Matriks Di SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 5(6).

Juniantari, M., Sariyasa, & Sadra, I. W. (2015).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Siswa SMP Kelas VII dengan Seting Model Kooperatif Murder.Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA Tahun 2015.

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019, October). Model Addie untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, No. 1, pp. 516-525).

Mahendra, B. (2017).Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi).Jurnal Visi Komunikasi,,16(1), 151-160.

Nawawi, (2015).Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Unniversity Press.

Nugroho, I. R., & Ruwanto, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instagram Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(6), 460-470.

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain game edukasi berbasis android pada materi logika matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165-179.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sujalwo,& Sukirman. (2017). Pengembangan Game Berbasis Komputer sebagai Media Pembelajaran IPA terpadu Kelas VIII SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12 (No. 2), 239-247.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Tri Hendriani, Yadi Ardiawan, & Dwi Oktaviana. (2022). Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(2), 92–107. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.519