Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Membuat Pengajuan Masalah (Problem Posing) Pada Materi Trigonometri Kelas X

Authors

  • Tutik Dwijayanti IKIP PGRI Pontianak
  • Muchtadi Muchtadi IKIP PGRI Pontianak
  • Yadi Ardiawan IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.498

Keywords:

Komunikasi Matematis, Pengajuan Masalah, Trigonometri.

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Bentuk penelitian yang akan diambil dalam penelitian ini adalah studi kasus. Adapun kasus yang ingin diteliti adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dalam membuat pengajuan masalah (problem posing). Tempat penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Meliau Kab. Sanggau. Dalam penelitian ini metode pemilihan subjek menggunakan purposive sampling berdasarkan perolehan hasil tes kemampuan komunikasi matematis dalam pengajuan masalah yang diberikan kepada siswa kelas X.  Daru hasil tes telah diperoleh bahwa di kelas X SMA Negeri 1 Meliau terdapat siswa dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah pada kemampuan komunikasi matematisnya dalam mengajukan masalah matematika. Dari hasil analisis diperoleh 4 siswa dengan kemampuan tinggi, 11 siswa dengan kemampuan sedang, dan 8 siswa dengan kemampuan rendah. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang dimiliki masing-masing siswa termasuk kedalam tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Dari hasil tersebut dapat diketahui kemampuan komunikasi matematis siswa didominasi pada kategori sedang yaitu dengan perolehan persentase sebesar 52.17%, sedangkan pada kategori diperoleh persentase sebesar 17.30%, dan pada kategori rendan perolehan persentase sebesar 30.43%.

References

Afriansyah, E. A. (2018). Problem Posing Sebagai Kemampuan Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163–180. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.303

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research Of Mathematics), 1(2), 82–91.

Ariyanto, L., & Santoso, L. (2017). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Mathematical Problem Posing Siswa Smk Kelas Xi. JIPMat, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1478

Choe, Y. (2013). From Problem Solving to Problem Posing.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarno, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9–18.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Trigonometri Di Lihat Dari Learning Obstacles. Didactical Mathematics, 2(1), 9. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i1.1664

Komarudin, Sujadi, I., & Kusmayadi, T. A. (2014). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Pengajuan Masalah Matematika ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 15.

NCTM. (2000). Pssm. In The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. https://doi.org/10.1016/s0737-0806(98)80482-6

Oktoviani, V., Widoyani, W. L., & Ferdianto, F. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 39–46. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6346

Prameswari, D. I., & Siswono, T. Y. E. (2018). Profil Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Pengajuan Masalah Berdasarkan Informasi Verbal Dan Gambar. MATHEdunesa, 1(7), 128–135.

Sugiarti, L. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 8.

Ulfah, U., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2017). Students’ Mathematical Creative Thinking through Problem Posing Learning. Journal of Physics: Conference Series, 895, 012097. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012097

Widyastuti, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 1(1).

Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.30738/.v6i1.2076

Zuhrotunnisa. (2015). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mts. Negeri Bojong Pada Materi Statistika. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 1(1).

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Tutik Dwijayanti, Muchtadi Muchtadi, & Yadi Ardiawan. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Membuat Pengajuan Masalah (Problem Posing) Pada Materi Trigonometri Kelas X. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(2), 66–80. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.498