Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Statistika Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa

Authors

  • Tri Aniah IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Oktaviana IKIP PGRI Pontianak
  • Hartono Hartono IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.441

Keywords:

Media Pembelajaran, Ludo Statistka, Keterampilan Metakognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran ludo statistika pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan rancangan 4D (Define, Design, Development Dan Disseminate) tetapi hanya sampai pada tahap development karena keterbatasan waktu, biaya, dan subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Raya sebanyak 28 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk melihat kevalidan media pembelajaran ludo statistika, angket respon untuk mellihat kepraktisan media pembelajaran ludo statistika dan tes uji coba untuk melihat kepraktisan media ludo statistika untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa. Berdasarkan validasi ketiga validator terhadap pembelajaran media ludo statistika dapat dinyatakan valid dengan persesntase indeks rata-rata 87,00% dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli materi dinyatakan sangat valid dengan persentase indeks rata-rata 85,83% dengan kriteria sangat valid, sedangkan validasi ahli media dinyatakan valid dengan persentase indeks rata-rata 94,54% dengan kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan dengan rata-rata  persentase dari respon guru sebesar 92,94% dengan kriteria sangat praktis dan rata-rata persentase dari respon siswa 86,68% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil pengisian angket respon guru dan siswa tersebut maka media pembelajaran ludo statistika dapat dinyatakan sangat praktis bagi guru dan sangat praktis bagi siswa. Tingkat keefektifan siswa setelah menggunakan media pembelajaran  ludo statistika sebesar 78,56% dengan kriteria efektif.

 

 

 

References

Angguntari, Y. P., & Nugraha, J. (2019). Pengembangan Papan Permainan Ludo Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Persyaratan Personil Administrasi Kelas X OTKP Di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 43-50.

Dirgantoro, K. P. S., (2018). Pendekatan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematiak, 3(1), 1-10.

Ekawan, S., Sudarmi, M., & Noviandi, D. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dengan Media Physics Ludo Pada Materi Fisika Tentang Bunyi. Junal Radiasi, 06(1), 1–13.

Hendarwati, E. (2017). Pemanfaatan Media Permainan Sebagai Upaya Meningkatkan Metakognitif Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anank Usia Dini, 3(3b), 135-152.

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20.

Juniantari, M., Sariyasa, & Sadra, I. W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Siswa SMP Kelas VII dengan Seting Model Kooperatif Murder. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA Tahun 2015.

Kurniasih, R. 2017. Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Dengan Penerapan Strategi Reciprocal Teaching. Alphamath : Journal of Mathematics Education, 3(1), 50-57.

Marhadi. (2019). Permainan Ludo sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education Volume, 7(2), 19–31.

Mufida, I. L. (2022). Pengembangan Media Lubel dalam Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Fabel Siswa Kelas VII. Patria Educational Journal (PEJ), 2(1), 70-83.

Nawawi, (2015). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Unniversity Press.

Ningsih, S. A., & Pritandhari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Purnama Trimurjo. Jurnal program studi pendidikan ekonomi, 7(1), 50-51.

Nurrita,T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Menumbuhkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1). 171-187.

Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 186-191.

Setiawati, E., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 47-57.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Tri Aniah, Dwi Oktaviana, & Hartono, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Statistika Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(2), 51–65. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.441