DESAIN BAHAN AJAR BANGUN RUANG BERBASIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP DENGAN TEORI VAN HIELE

Authors

  • Khanifah Nurul Bahiyah SMPN 2 Jamblang
  • Mohammad Fatchurrohman MTsS Husnul Khotimah 2 Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.433

Keywords:

Desain Bahan Ajar, Kemampuan Pemahaman Matematis, Learning Obstacle, Teori Van Hiele

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan learning obstacles  siswa terkait materi bangun ruang sisi datar khususnya kubus dan balok, mendesain bahan ajar berbasis kemampuan pemahaman matematis pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, dan untuk membuat rencana implementasi bahan ajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa dilihat dari kesulitan yang dialami siswa saat mempelajari materi bangun ruang sisi datar yang disebut juga dengan hambatan belajar. Adapun salah satu cara mengatasi hambatan belajar tersebut adalah dengan menggunakan desain bahan ajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah  39 siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Jamblang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 5 macam hambatan beajar siswa terkait kemampuan pemahaman matematis pada materi bangun ruang sisi datar. Validasi terhadap bahan ajar modul matematika dilakukan oleh lima ahli. Berdasarkan hasil validasi yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul dan rencana implementasi bahan ajar yang dibuat untuk memudahkan guru dalam mengimplementasikan bahan ajar yang didesain layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 

 

References

Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35 – 49.

Annizar, E. K., & Suryadi, D. (2016). Desain Didaktis Pada Konsep Luas Daerah Trapesium Untuk Kelas V Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. 8(1), 22 – 33.

Anwar, M. (2017). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Ekspose, 16(2), 469 – 480.

Arifiya, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Modul Materi Kubus Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Sekolah XYZ Depok. Lemma: Letters Of Mathematics Education, 8(1), 13 – 19.

Azizah., Winarti. P., & Sani, N. K. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Serli (Discovery Learning) Untuk Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar (JPPD). 7(1), 53 – 64.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Fatchurrohman, M., Mulyono, M., & Rosyida, I. (2022). Evaluation of E-Module Assisted Tai Cooperative Learning Model in Improving Student's Mathematics Literature. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 11(1), 54 – 61.

Febrianto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32 – 44.

Hafriani. (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan NCTM Melalui Tugas Terstruktur Dengan Menggunakan ICT. Jurnal Ilmiah Didaktika, 22(1), 63 – 80.

Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika (KALAMATIKA), 1(2), 147 – 161.

Hayati, S. I., & Marlina, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar Di SMP IT Nurul Huda Batujaya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 4(4), 827 – 834.

Hendriana, H,. & Soemarrno, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Isdisusilo. (2012). Panduan Lengkap Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Kholiso, Y. N. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Multimedia Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Pendidikan Informatika. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 17 – 23.

Larasati, F. F., & Rusnayati, H. (2019). Profil Hambatan Belajar Epistimologis Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Materi Gerak Lurus Melalui Tes Kemampuan Responden. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 205 – 209.

Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2), 161-174.

Maarif, S., Setiarini, R. N., & Nurafni. (2020). Hambatan Epistimologis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika. 72 – 89.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkalimah, S., Nasrullah., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(2), 511 – 526.

Meitasari, L. D., Handayani, M., & Fitrianna, A. Y. (2021). Penggunaan Modul Pengajaran Tutorial Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi SPLDV Siswa Kelas VIII SMP Pada Pembelajaran Matematika Daring. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif (JPMI). 4(5), 1291 – 1298.

Novainda, D., & Turmudi. (2021). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacles) Dalam Pembelajaran Geometri: Literatur Review. Jurnal Gantang. 6(2), 133 – 139.

Nuraeni., Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Siswa MTs. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif (JPMI). 1(5), 975 – 982.

Nurani, I. F., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2016). Level Berpikir Geometri Van Hiele Berdasarkan Gender Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 1(5), 978 – 983.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Pess.

Sulistiyani, P. S., Magdalena, I., Anggraeni, S., & Selvia, N. (2021). Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dalam Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia. 1(2), 146 – 156.

Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Bandung: FMIPA UPI.

Tamba, K. P. (2014). Desain Didaktis Bahan Ajar Pertidaksamaan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. Bandung: FMIPA UPI.

Unaenah, E., Anggraini, I. A., Aprianti, I., & Aini, W. N. (2020). Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Bangun Datar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(2), 565 – 574.

Utari, V., Fauzan, A., & Rosha, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR Dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). 33-38.

Wahyuni, S.E., Deniyanti, P., & Meiliasari. (2013). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Geometris Pada Pokok Bahasan Segiempat dengan Teori Van Hiele dan Pendekatan PMRI. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FMIPA UNY, 533 – 540.

Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Aksioma, 8(1), 76 – 86.

Downloads

Published

2022-04-26

How to Cite

Khanifah Nurul Bahiyah, & Mohammad Fatchurrohman. (2022). DESAIN BAHAN AJAR BANGUN RUANG BERBASIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP DENGAN TEORI VAN HIELE. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(1), 100–110. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.433