Pengembangan Mobile learning Untuk Meningkatkan Kemampuanpemahaman Matematis Siswa Pada Materi Himpunan

Authors

  • Arif Wahyudinata IKIP PGRI Pontianak
  • Syarifah Fadillah Al Hadad IKIP PGRI Pontianak
  • Sandie Sandie IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.426

Keywords:

Mobile Learning; Kemampuan Pemahaman Matematis; Himpunan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan mobile learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi himpunan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan rancangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, yaitu: Define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Raya sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk melihat kevalidan mobile learning, angket respon guru dan siswa untuk melihat kepraktisan mobile learning, dan hasil belajar pre-test dan post-test untuk melihat keefektifan mobile learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan validasi ketiga validator terhadap mobile learning dinyatakan sangat valid dengan presentase indeks rata-rata 86,53%. Tingkat kepraktisan mobile learning berdasarkan rata-rata angket respon guru dan siswa 82,65% dengan kriteria praktis. Dan mobile learning yang bernilai efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi himpunan berdasarkan uji statistik dimana t hitung = 18,76 > t tabel = 2,045.

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). Malang: Literasi Nusantara.

Handayani, K. A. T., & Darma, G. S. (2018). Firm Size, Business Risk, Asset Structure, Profitability, and Capital Structure. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 48-57.

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Ibrahim, N., & Ishartiwi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SMP. Refleksi edukatika, 8(1).

Latifah, N. (2021). “Pengembangan Media Mobile learning Appyet Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X”. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Mastun. (2017). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Elektronika Lanjut Berbasis Eksperimen. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(1), 95-101.

Yensy, N. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Statistika Matematika Melalui Media Whatsapp Group Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid-19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-74.

Ramadhani. (2020). “Ini Dampak Perkembangan Teknologi Yang Dasat Dirasakan”. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.akseleran.co.id/blog/perkembangan-teknologi/&ved=2ahUKEwj3odfFzrn6AhXy2HMBHasaC9EQFnoECBAQAQ&usg=AOvVaw0kCLeLlcGDw2vEcjJK9CMH, diakses pada 30 September 2022 pukul 10.45.

Sari, D. P., (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile learning Melalui Game Edukasi Laciku Pada Materi Operasi Aljabar Sebagai Learning Exercise Bagi Siswa”. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

________. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

________. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suherman. E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarmo, U. (2014). Asesmen Soft Skill dan Hard Skill Matematik Siswa Dalam Kurikulum 2013, 1–30. Retrieved from https://anzdoc.com/asesmen-soft-skill-danhard-skill-matematik-siswa-dalam-kuri.html

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Arif Wahyudinata, Syarifah Fadillah Al Hadad, & Sandie Sandie. (2022). Pengembangan Mobile learning Untuk Meningkatkan Kemampuanpemahaman Matematis Siswa Pada Materi Himpunan. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(2), 38–50. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.426