Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Yeni Widiawati IKIP PGRI Pontianak
  • Nurmaningsih Nurmaningsih IKIP PGRI Pontianak
  • Rahman Haryadi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.354

Keywords:

Problem Based Learning, Edugame Interaktif, Pemecahan Masalah Matematis, SPLDV.

Abstract

Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif yang menggambarkan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan edugame interaktif nearpod terhadap kemempuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan bentuk pre-Eksprimental Designs. Alasan peneliti menggunakan bentuk penelitian ini karena peneliti menggunakan satu kelas sampel, dimana satu kelas tersebut akan dijadikan sebagai kelas eksperimen. Pada kelas sampel pertama akan diberikan tes awal (pre-test) kemudian siswa diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan edugame interaktif nearpod pada materi SPLTV, setelah itu dilakukan pengukuran terhadap siswa dengan memberi tes akhir (pos-test). Penelitian ekperimen ini menggunakan rancangan One-Grup Pretest-Posttest Design. Pada rancangan ini terhadap Pretest sebelum diberikan perlakuan sehingga hasil perlakuan Posttest dapat diketahui lebih akurat, karena membandingkan dengan keadaan sebelum diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan edugame interaktif nearpod dalam materi SPLTV kelas X MAN Bengkayang berjalan dengan efektif sehingga meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

References

Aulia, L., & Budiarti, yesi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal of Elementary School Education, 2(1), 105–109.

Faradisa, Fadwa. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar peserta Didik Kelas V Di MIN 1 Kota Surabaya.Skripsi.Diterbitkan, UIN Sunan Ampel Surabaya: Surabaya

Inanta, R., Indrayani, & Zulhaji. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Nearpod Pada Peserta Didik SMPK Penabur Kelapa Gading Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 418–424.

Monica, H., Kusumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem based learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis Siswa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12

Nurrohman, A. (2021). Analisis Edugame Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar. SINASIS, 2(1), 247–254.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Mosharafa, 5(2), 143–158.

Suraji, maimunah, & sehatta. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16.

Yuneni, Sisilia Sesi.(2019), Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning Dengan Teknik Brainstorming Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok DI Kelas VIII SMP Muhamadiyah 2 Pontianak.Skripsi.Tidak Diterbitkan, IKIP PGRI Pontianak:Pontianak

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Yeni Widiawati, Nurmaningsih Nurmaningsih, & Rahman Haryadi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(2), 12–25. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.354