Upaya meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Means Ends Analysis Pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMAIT Wahdah Islamyah Makassar
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.352Keywords:
aktivitas belajar, hasil belajar matematika, metode Means Ends Analysis (MEA)Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMAIT Wahdah Islamiyah Makassar yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan Metode Means Ends Analysis. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3dengan jumlah siswa 27 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 69,3703 dan pada siklus II mencapai rata-rata 87. Standar deviasi pada siklus I adalah sebesar 13,773 dan pada siklus II sebesar 8,884 . Berdasarkan kategori ketuntasan hasil belajar yang digunakan, perolehan skor hasil belajar matematika siswa yang dikategorikan tuntas pada siklus I adalah sebesar 81,48% dan pada siklus II bertambah menjadi 100%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode Means Ends Analys.
References
Ahmadi,Amri.2014.Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Amir,Risnawati.2016.Psikologi Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Aswaja pressindo
Aqib.2015.Model-model,Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual(Inovatif). Bandung: yrama widya
Arifin.2012.Evaluasi Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosda karya
Arikunto.2013.Dasar- dasar evaluasi pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara
Aunurrahman.2012.Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta
Baharuddin, Wahyuni. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jogjakarta: Ar-ruz Media
Daryanto.2010.Belajar dan Mengajar.Bandung: Yrama Widya
Dimyati, Mujiono.2010.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Febrika,Melzi.2010.Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.Online. (https://cecefebrika.files.wordpress.com. Pdf).Di diakses tanggal 30 agustus 2022
Hamzah.2016.model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta:PT. Bumi Aksara
Huda.2015.Model –Model pengajaran dan Pembelajaran. yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jek Siang,Jong.2014.Logika Matematika.Yogyakarta:Andi yogyakarta
Joko, Muhammad. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Mangelep,Navel.2009.Modul Logika Matematika.online.(http://navelmangelep.files.wordpress.com) diakses tanggal 30 agustus 2022
Ngalimun,Salabi. 2015.Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Paizalahuddin,Ermalinda.2013.Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Alfabeta
Panji,Ridwan.2013.Model Pembelajaran MEA.Online. (http://proposalmatematika23.blogspot.com/2013/05/model-pembelajaran-means-ends-analysis.html) Di aksestanggal 30 agustus 2022
Puji,Pratiwi.2013.Aktivitas Belajar.Online.(http://eprints.uny.ac.id. Pdf). diakses pada tanggal 30 agustus 2022
Rijal.2016.matematika sekolah. Online.(http://woocara.blogspot.com). diakses tanggal 30 agustus 2022
Slameto.2015.Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suhana. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Siswanto.2015.Matematika Inovatif.Solo: Tiga serangkai Pustaka Mandiri
Shoimin,Aris.2014.68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:Ar-Ruz Media
Tirta,I Made.2011.Pengantar dasar matematika: logika matematika.Online.(http:emodul-matematika.fmipa.unej.ac.id). diakses tanggal 30 agustus 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.