PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.272Keywords:
Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Motivasi Belajar SiswaAbstract
Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran matematika materi pecahan masih berorientasi pada guru (teacher centered) yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan dominasi metode ceramah. Hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa. Tujuan yang ingin dicapai adalah, Mendeskripsikan motivasi belajar siswa, Mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, serta Mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa saat berlangsungnya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif Subjek penelitian adalah kelas IV MI Nahdlatul Ulama Unggulan Sumberrejo Bojonegoro.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat. Pada siklus I persentase yang diperoleh sebesar 58,25%, siklus II sebesar 74,64%, dan siklus III sebesar 87,78%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
References
Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelasuntuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Furhan, Arif. 1990. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Ghony, Djunaidi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Malang UIN Press.
Hadi, Sutrisno. 2000. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.
Julianto,dkk. 2011. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Saminanto. 2010. Ayo praktik PTK: Penelitian Tindakan Kelas. Semarang:Rasail Media Group.
Sandjaja. Albertus Heriyanto. 2006. Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka
Sapriya. 2009. Pendidikan MATEMATIKA. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya
Semiawan, Conny dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : PT. Grasindo
Semiawan, Conny. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks
Siagian, P. Sondang. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Siradjudin dan Suhanadji. 2012. Pendidikan MATEMATIKA. Surabaya : Unesa University Press.
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Jogjakarta: PT. Mirza Media Pustaka.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung:CV Pustaka Setia
Somantri, Noman. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan MATEMATIKA. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2011. Dasar- dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Sinar Baru Algesindo.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher
Uno, B. Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.