Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Matematis Siswa

Authors

  • Michelle Ivana Filbertha Universitas Negeri Medan
  • Sahat Saragih Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2527

Keywords:

Creative Thinking Ability, Mathematical Reasoning Ability, Open Ended Learning Model

Abstract

This research aims to find out how to improve the creative thinking and mathematical reasoning abilities of class after implementing learning based on the open ended learning model. This research is Classroom Action Research (PTK). Data was collected through tests of students' creative thinking and mathematical reasoning abilities at the end of each cycle and observation sheets of teacher and student activities. The results of the research show that: (1) The increase in students' creative thinking and mathematical reasoning abilities is classified as a medium improvement criterion with the respective average N-gain values being 0.53 and 0.49. And the percentage of classical completion of students' creative thinking abilities after implementing cycle I increased to 47.22% and after implementing cycle II actions increased to 86.11%. As well as the percentage of classical completeness of students' mathematical reasoning abilities after implementing cycle I actions increased to 47.22% and after implementing cycle II actions increased to 91.67%; (2) The process of students' answers in completing tests on students' creative thinking abilities and mathematical reasoning can be said to be good.

References

Andiyana, Muhammad Arfan., Rippi Maya., & Wahyu Hidayat. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(3): 239-248.

Ansari, B.I. (2009). Komunikasi Matematik dan Politik, Suatu Perbandingan: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Penerbit PENA.

Apriani, K., Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Melalui Problem Based Learning. Jurnal Didactical Mathematics. 2(2): 1– 9.

Dahar, R.W. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Falasiefah, Lu’lu. (2019). Penerapan pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Faridah, Nenden., Isrok’atun., & Ani Nur Aeni. (2016). Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1) :1061-1062.

Hamita, Husnul. (2020). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Muhammadiyah Makassar.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Prkatis Menyusun Skripsi, Tesis dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi Disertasi dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: PT Refika Aditama.

Masitoh, Siti. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Minat Belajar dan AQ Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Skripsi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Curriculum and Evaluation Standards of School Mathematics. Reston : NCTM.

Qomaryah, Dwi & Hasan Subekti. (2021). Pensa E-Jurnal : Pendidikan SnidaAINS. 9(2): 242-246.

Rhamayani, Yuni & Nurdillah. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dan Sikap Siswa melalui Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended pada Siswa Kelas VIII-2 SMPN 7 Padang Sidempuan. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). 2(2) : 141-148.

Sabar, M. N. (2017). Effectiveness of Problems Based Learning Model (PBL) Setting Open Ended Approach Mathematics Learning. Jurnal Daya Matematis. 5(3): 9.

Setiamahardja, R., & Kusmiyati. (2017). Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 1(8): 1-5.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Solikhah, Ziyadatus., Tri Jaka Kartana. & Wikan B. Utami. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. JES-MAT. 4(1): 35-46.

Suendang,Tri. (2017). Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis Ditintau Dari Prespektif Gender Melalaui Pendekatan Open-Ended Di SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah, Palembang.

Sumartini, Tina Sri. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah . Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1) : 1-10.

Wahyudi, Purwanto., & Sri Mulyati. (2019). Penalaran Matematis Siswa Berkemampuan Tinggi dan Rendah dalam Menyelesaikan Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan. 1(7) : 1287- 1296.

Wardani, M.K. (2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Open Ended (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP N 2 Gatak). Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yamin, M. (2013). Strategi dan metode dalam model pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Michelle Ivana Filbertha, & Sahat Saragih. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Matematis Siswa . JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 3(1), 351–365. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2527