Perbedaan Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa PBL Berbantuan Geogebra dan DL Di Kelas X SMA

Authors

  • Angga Dinata Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Amin Fauzi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2494

Keywords:

Problem Based Learning assisted by the Geogebra application, Discovery Learning, mathematical representation.

Abstract

This study aims to understand the impact of problem-based learning (PBL) on mathematical representation in students using Geogebra and model discovery learning in X SMAS Tamansiswa Singosari. It uses quasi-experimental research with purposive sampling and control group design. The results show that all data is normal and homogeneous, with a  value of 4.71>2.03. The study also reveals that the overall learning process for experimental students is better than that of control students.

References

Abdjul, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 343-348.

Amir, M. T. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning : Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta : Kencana.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach. New York: Mc Grow-Hill Companies.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang: February 2017. pp. 151-160.

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469-1479.

Dewi, E. K., & Jatiningsih, O. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X DI SMAN 22 Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(3), 936-950.

Fasa, I. L., Firmansyah, E., & Pratama, D. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Geogebra. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 82-91.

Ferrini-Mundy, J. (2000). Principles and standards for school mathematics: A guide for mathematicians. Notices of the American Mathematical Society, 47(8): 868-876.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn?. Educational Psychology Review, 16(3): 235-266.

Jenita, G., Sudaryati, S., & Ambarwati, L. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas X MIA 1 di SMAN 4 Bekasi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 11-18.

Kasah, E.K., & Fadillah, S. 2014. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (3): 340-352

Kusuma, A. B., & Utami, A. (2017). Penggunaan Program GeoGebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 119-131.

Muhamad, N. (2017). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9-22.

Mustangin, M. (2015). Representasi Konsep dan Peranannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 1(1): 15-21.

Nugraha, A. A. (2022). Media Pembelajaran Interaktif menggunakan GeoGebra Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. In Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika (Vol. 5, No. 1).

Nurfitriyanti, M., Kusumawardani, R., & Lestari, I. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Penalaran Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Gantang, 5(1), 19-28.

Oktaria, M., Alam, A. K., & Sulistiawati, S. (2016). Penggunaan Media Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 99-107.

Oktaviani, B. A. Y., Mawardi, M., & Astuti, S. (2018). Perbedaan model Problem Based Learning dan Discovery Learning ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 132-141.

Priyono, S., & Hermanto, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Peserta Didik dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Software GeoGebra. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 1(1), 55-64.

Putri, E. H. (2020). Kemampuan-kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. Bandung: UPI Sumedang Press.

Rangkuti, A. N. (2013). Representasi Matematis. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 1(02): 49-61.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika,1(2): 33-44.

Sari, I. J., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 191-198.

Septian, A., Setiawan, E., & Noersapitri, Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik, 6(1), 1-9.

Simanjuntak, S. D. (2019). Panduan Penggunaan GeoGebra Untuk Guru Sekolah Dasar. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Subagio, L., Karnasih, I., & Irvan, I. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Discovery-Learning dan Problem-Based-Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 15-26.

Suginem, S. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 32-36.

Supraptinah, U., Budiyono, B., & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning, Problem Based Learning, Dan Think-Talk-Write Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(10).

Suwanti, S., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning dan Probing Prompting Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 303-314.

Safitri, A., & Setiawan, Y. (2020). Perbedaan Pengaruh Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa. Jurnal Tematik, 10(1): 54-60.

Triono, A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan (Bachelor's thesis).

Yuniar, R., Nurhasanah, A., Hakim, Z. R., & Yandari, I. A. V. (2022). PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) SEBAGAI PENGUATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134-1150.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Angga Dinata, & Muhammad Amin Fauzi. (2024). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa PBL Berbantuan Geogebra dan DL Di Kelas X SMA . JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 3(1), 270–284. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2494