PENGEMBANGAN E-MODUL ETNOMATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Eko Saputra IKIP PGRI PONTIANAK
  • Jamilah Jamilah IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.176

Keywords:

E-Modul, Etnomatematika, Berbasis Model Inquiry, Kemampuan Berpikir Kritisisi,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul etnomatematika berbasis model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam e-modul tersebut akan dilhat bagaimana produk awal,  hasil validasi ahli, hasil uji coba, hasil refleksi dan bagaiman produk akhir. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model rancangan 4-D, namun dalam penelitian ini hanya sampai 3-D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP sebanyak 15 siswa dan 3 orang ahli media dan materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, pedoman wawancara dan observasi, angket respon guru dan respon siswa, dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian validasi E-modul etnomatematika berbasis model pembelajaran inquiry yaitu validasi media dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebebsar 83,09% dengan kriteria Cukup valid. Hasil penelitian validasi materi diperoleh skor rata-rata 91,67% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan Hasil penelitian validasi etnomatematika diperoleh skor rata-rata 88,98% dengan kriteria sangat valid Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan seluruh siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh persentase sebesar  89,05%  dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari nilai hasil pengerjaan posttest siswa dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dari 15 orang dengan persentase  dengan kriteria efektif dengan berpatokan pada nilai KKM sekolah yaitu 70

References

A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1–6.

Agustina, R., & Vahlia, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi Program Studi Pendidikan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 152–160.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Fajri, K., & Taufiqurrahman, T. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 1–15.

Herdayati, M., Pd, S., & Syahrial, S. (2019). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. ISSN 2502-3632 ISSN 2356-0304 J. Online Int. Nas. Vol. 7 No. 1, Januari–Juni 2019 Univ. 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699.

Laili, I. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2228

Nawawi, H. (2019). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Puspita, A. T., & Jatmiko, B. (2013). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika materi fluida statis kelas XI di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3).

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa, 1(1).

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2, 1–7.

Setiawan, J., & Royani, M. (2013). Kemampuan berpikir kritis siswa smp dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan metode inkuiri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

SMA, D. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Solikin, I. (2018). Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 492–497.

Sudaryono, Margono, G., & Rahayu, W. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan (1st ed.). Graha Ilmu.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidkan. Alfabeta.

Sumarmo, U., Hendriana, H., & Rohaeti, E. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268–283.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. 112–118.

Widoyoko, S. E. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Eko Saputra, Jamilah Jamilah, & Utin Desy Susiaty. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL ETNOMATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(1), 56–63. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.176