ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA

ANALYSIS OF STUDENT'S MATHEMATIC REPRESENTATION ABILITY ON DATA PRESENTATION MATERIALS

Authors

  • Meisy Sella Maria IKIP PGRI Pontianak
  • Nurmaningsih Nurmaningsih IKIP PGRI Pontianak
  • Rahman Haryadi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.160

Keywords:

Representasi Matematis, Penyajian Data

Abstract

Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian terdiri dari 17 siswa kelas VIII SMP Katolik Santu Petrus Pontianak. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Tujuan penelitian ini dalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi yang dimiliki oleh siswa. Indikator yang dipakai dalam penelitian ini ada tiga diantaranya adalah menggunakan representasi visual untuk menyelesaikan masalah, menggunakan representasi kata atau teks tertulis untuk menyelesaikan masalah, dan Menggunakan representasi persamaan dan ekspresi matematis. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes essay yang terdiri dari 3 soal dengan masing – masing soal memiliki satu indikator. Dari penelitian dapat diketahui bahwa siswa memiliki kemampuan representasi matematis yang rendah berdasarkan perolehan keseluruhan nilai yang mendapatkan rata – rata 47,24. Siswa dikategorikan berdasarkan tinggi, sedang, dan rendah, dimana siswa yang mendapat nilai tinggi ada 2 orang, siswa yang mendapat nilai sedang ada 7 orang, dan yang mendapat nilai rendah ada 8 orang. Siswa dengan nilai tinggi memiliki kemampuan representasi yang tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapat nilai sedang dan rendah.

 

 

References

Amalia, A., Happy, N., & Purwosetiyono, F. D. (2021). Profile of Students’ Representational Ability in Solving Mathematical Problems in terms of Learning Style. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 15–28. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.6521

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Effendi, K. N. S., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Yaniawati, P. (2020). Reading Text for School Literacy Movement in Mathematics Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2). https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.6731.145-154.

Fajriah, N., Utami, C., & Mariyam. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.373

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 4(5), 1093–1104. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page34-38

Huda, Musdi & Nari (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. ISSN: 1410-8208 (Print) 2580- 2771 (Online). JURNAL TA’DIB, Vol 22 (1), 2019

Johar, R., & Lubis, K. (2018). Analisis kesalahan representasi matematis siswa dalam memecahkan kata yang masalah berhubungan dengan grafik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 96-107. doi: http: //dx.doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.17277

Komala, E., & Afrida, A. M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.364

Mandur, K., Sadra, W., & Suparta, I. N. (2013). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta Di Kabupaten Manggarai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2(2), 36–45. https://doi.org/10.23887/jppm.v2i2.885

Mariyam, M., Sugianto, S., & Suratman, D.(2016). Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi dan Translasi Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (Doctoral dissertation, Tanjungpura University)

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960

NCTM. (2000). Pssm. In The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. https://doi.org/10.1016/s0737-0806(98)80482-6

Nugraha (2017) Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis Siswa. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA) Vol. 1 No. 2, Hal, 1, Maret 2017. ISSN 2541-0660 © 2017

Pasehah, A. M., & Firmansyah, D. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data. Prosiding Sesiomadika, 2(1d)

Puri. (2014). How to Create Joyful Learning in the Classroom. [On line]. Available at http://www.howtolearn.com/2014/11/how-to-create-joyful-learning-inthe-classroom/

Rangkuti, A. N. (2014). Representasi matematis. Forum Paedagogik, 6(1), 110-127.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Santia, Ika. 2015. “Representasi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Nilai Optimum Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent”. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(1): 67-76.

Sugiyono (2007). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Villegas, J. L., Castro, E., & Gutierrez, J. (2009). Representation in Problem Solving : a case study with optimization problems. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7(1), 279– 308

Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115–124. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234

Wulandari, S. D. (2019). Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Media Screencast O Matic. 2(2), 83–87.

Downloads

Published

2022-07-14

How to Cite

Meisy Sella Maria, Nurmaningsih Nurmaningsih, & Rahman Haryadi. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA: ANALYSIS OF STUDENT’S MATHEMATIC REPRESENTATION ABILITY ON DATA PRESENTATION MATERIALS. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.160