OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN METODE GOAL PROGRAMMING (Studi Kasus: PT Tibeka Jaya Abadi)

Authors

  • Supanjo Ginting Universitas Negeri Medan
  • Faiz Ahyaningsih Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i2.1137

Keywords:

Goal Programming, Multi Objective, Optimasi Produksi, LINDO

Abstract

PT Tibeka Jaya Abadi merupakan perusahaan yang memproduksi kopi menjadi kopi sengah jadi yang dimana belum dijadikan bubuk kopi. PT Tibeka Jaya Abadi memiliki lebih dari satu target yang ingin dicapai yaitu Perusahaan menetapkan memaksimalkan pendapatan sebagai prioritas utama, disusul dengan menekan biaya bahan baku sebagai prioritas kedua, memaksimalkan waktu pengolahan sebagai prioritas ketiga, memaksimalkan hasil produksi prioritas keempat dan menentukan jumlah produksi yang optimal sebagai prioritas kelima, yang artinya tujuan perusahaan tidak lagi tunggal melainkan multi (lebih dari satu) dengan harapan setiap tujuan dapat dipenuhi dengan baik.  Metode Goal Programming merupakan metode yang tepat untuk dipergunakan pada masalah perusahan. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan oleh peneliti dengan bantuan software LINDO dalam proses pengolahan data didapat hasil yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan metode yang selama ini dilaksanakan perusahaan. Perusahan mampu menentukan produksi yang optimal sesuai dengan permintan pasar sebesar 99.530 kg. Begitu pula waktu pengolahan dapat dimaksimalkan selama 120 jam. Dan sebelum mengunakan metode Goal Programming pendapatan Perusahaan sebesar Rp. 7.512.831.000. Dan setelah menggunakan metode Goal Programming maka pendapatan perusahaan adalah sebesar Rp. 8.324.780.000. Sehingga tujuan perusahaan yaitu meningkatkan optimal produksi tercapai.

References

Aminuddun. (2005). Prinsip- Prinsip Oprasi Riset. Jakarta: Erlangga. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Baroto, T. (2002). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta: Ghalia Indonesia

Charles, D. M., Simpson, T. W. (2002). Goal Programming Applications in Multidisciplinary Design Optimization. Atlanta, GA, United States: American Institute of Aeronautics and Astronautics Inc.

Dimyati, T. T., Dimyati, A. (1992). Operations research: Model-model pengambilan keputusan. Sinar Baru Algensindo

Faisal, N., Hari. B. P. P, Sandi, S. (2020). Perhitungan Metode Goal Programming Untuk Optimasi Perencanaan Produk Keripik Singkong Pada PT. Cassava Chips. Jurnal Matematika. Vol 2,1

Indah, D. R & Evi. R. (2018). Sistem Forecasting Perencanaan Produksi dengan Metode Single Eksponensial Smoothing pada Keripik Singkong Srikandi Di Kota Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi. Vol 2 (1)

Makridatis, S., Wright, W. dan Steven, C. (1999). Metode dan Aplikasi Peramalan. Erlangga. Jakarta.

Marine, A. A. (2018). Optimasi Perencanaan Produksi Dengan Metode goal Programming di IKM 3G Bareng. Jurnal Teknik. Vol 1,1:18

Marpaung, J. (2009). Perencanaan Produksi yang Optimal dengan Pendekatan Goal Programming di PT. Gold Koin Indonesia. Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.

Mulyono, S. (2004). Operations Research Edisi Kedua. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Muhamad, M. & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Andi Offset: Yogyakarta.

Nuryana, I. (2019). Optimasi Jumlah Produksi Pada UMKM Raina Kersen Dengan Metode Linear Programming.Jurnal Media Teknologi. Vol 6,1:68-72.

Sari, G., Andriani. S. (2018). Metode Goal Programming Berbasis QM for Windows dalam Optimasi Perencanaan Produksi. Jurnal MIPA .41(1)

Siswanto. (2007). Perencanaan dan Pengendalian Proyek. Sinar Grafika: Jakarta.

Siswanto (1990): Sistem Komputer Manajeman LINDO, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sitorus, P. (1997). Program Linear. Jakarta: Universitas Trisakti.

Spyros, M. (2008). Metode dan Aplikasi Peramalan. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga.

Sumardin, A. & Marshud. (2018). Penerapan Metode Time Series Dalam Memprediksi Hasil Produksi Pertanian Berdasarkan Nilai Trend. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol 8(1): 25-30

Titilias, Y. A., Linawati. L., Parhusip.H.A. (2018). Optimasi Perencanaan Produksi Kayu Lapis PT. XXX Menggunakan Metode Goal Programming. Jurnal MIPA.

Zhagi, A., Agustina, A., Prianta. B. A. (2020). Perencanaan Produksi Dan Pengendalian Persediaan Berorientasi Pada Kombinasi MRP dan MILP. Jurnal Eureka Matika. Vol 8(5).

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Supanjo Ginting, & Faiz Ahyaningsih. (2023). OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN METODE GOAL PROGRAMMING (Studi Kasus: PT Tibeka Jaya Abadi). JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 2(2), 17–34. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i2.1137