PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL YOUTUBE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MIMIKA

Authors

  • A. Rasul STKIP Hermon
  • Subhanudin STKIP Hermon
  • Habibi Sutirta STKIP Hermon

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.100

Keywords:

keaktifan belajar, media audio visual youtube, teorema Pythagras.

Abstract

Penggunaan media pembelajaran matematika tidak optimal serta siswa yang aktif pada saat pembelajaran matematika hanya didominasi oleh sedikit siswa menjadi latar belakang dari peneltian ini. Tujuan penelitian ini yaitu, menjelaskan keaktifan belajar matematika siswa pada materi teorema Pythagoras ketika menggunakan media audio visual youtube. Populasi dalam penelitian ini siswa SMP Negeri 8 Mimika dan sampelnya siswa kelas VIII yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Angket atau kuesioner merupakan teknik untuk mengumpulkan data. 5 tahapan dalam teknik analisis data yaitu merencanakan tahapan sebelum meneliti, membuat instrumen penelitian, melakukan uji coba instrumen dengan uji validitas dan uji realibilitas, serta melakukan uji prasarat analisis dan terakhir melakukan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Mimika dipengaruhi oleh media audio visual youtube. Siswa terlihat lebih bersemangat dan lebih aktif dimana tidak lagi didominasi oleh siswa tertentu saja tetapi hampir setiap siswa ikut aktif. Terbukti dari uji hipotesis uji-t dimana thitung= 2,24 sedangkan ttabel = 1,745 pada taraf signifikasi α =0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung = 2,24 >ttabel = 1,745sehingga Ho ditolak.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rieneka Cipta

Ashaver, Sandra. 2013. The Use of AudioVisual Material in the Teaching and Learning Processes in College of Education in Benue State – Nigeria.Journal of Research and Method in Education. 1 (6) 44-55.

Hayati, Ahmad dan Harianto, Febri. 2017. Hubungan Penggunaan Media Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-Hikmah. Vol. 14, No. 2, Hal 161.

Iwantara, Sadia, dan Suma. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran IPA terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Vol. 04, Hal. 3.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suherman, dkk., Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matehatika Kontemporer. Bandung:

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

A. Rasul, Subhanudin, & Habibi Sutirta. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL YOUTUBE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MIMIKA . JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.100