Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Systematic Literature Review

Authors

  • Ahmad Fachrurrozi Universitas Sangga Buana YPKP
  • Dimas Ageng Prayogo Universitas Sangga Buana YPKP
  • Dety Mulyanti Universitas Sangga Buana YPKP

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrike.v2i1.1045

Keywords:

Kesehatan, Mutu Pelayanan, Rumah Sakit, Strategi

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting terhadap kualitas kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan dapat diketahui dari segi bentuk, penampilan, performa suatu jasa, dan juga bisa dilihat dari segi fungsinya serta segi estetisnya. Peningkatan mutu pelayanan kesehatan juga dibutuhkan strategi agar dapat mempertahankan ataupun tingkat performa layanan kesehatan. Tujuan dari literature review ini untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Literature yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menetapkan artikel yang sesuai kriteria inklusi. Data base yang digunakan yaitu Google Scholar. Tahun publikasi sumber literature yang diambil yaitu 5 tahun terakhir antara tahun 2017 sampai dengan 2022, Sumber literature menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia.  Hasil 5 artikel diperoleh bahwa strategi peningkatan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit yaitu dengan meningkatkan patient safety, Kerjasama lintas sektoral atau pemerintah, kebijakan standar prosedur operasional, Kualitas Sistem Manajemen Informasi Rumah Sakit (SIMRS), dan peran komite keperawatan. Dapat disimpulkan bahwa mutu pelayanan kesehatan sebagai suatu derajat atau tingkat indikator pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku. Strategi dapat dilakukan secara optimal dan dengan monitoring serta evaluasi.

References

Al-Assaf. A.F. (2014). Mutu Pelayanan Kesehatan (Perspektif Internasional). EGC: Jakarta.

Asmuji. (2015). Manajemen Keperawatan, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar - Ruzz Medi

Azwar, A. (2012). Menuju Pelayanan Kesehatan Yang Lebih Bermutu. Jakarta : IDI.

Daryanto, Ismanto Setyabudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Jakarta: Gava Media

KEMENKES, R.I., (2018). Buku Panduan Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit (Patient Safety). Jakarta: Depkes R.I

Levesque, J. F., Harris, M.F., & Russell, G. (2013). Patient-centered access to health care: conceptualizing acces at the interface of health systems and population. International Journal for Equity in Health.

Maria, Roma, A. (2017). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Sebagai Salah Satu Strategi Peningkatan Mutu Layanan Rumah Sakit (Studi Pada Rumah Sakit Santo Borromeus Kota Bandung). Jurnal Universitas Pasundan

Miranda, T, Muhammad S, H,. (2021). Peran Komite Keperawatan dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Keperawatan di Salah Satu Rumah Sakit Swasta di Yogyakarta. International Journal of Healthcare Research 4 (1)

Mulyono, M. Hadi., Hamzah, Asiah., & Abdullah AZ. (2013). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Tingkat III Ambon. JAKK.

Nasution, Ja'far. (2018). Strategi peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit umum Padangsidimpuan. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam 4 (1), 68-81, 2018

Permenkes RI No 82 Tahun 2014 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

Putra, Windarti, Sulistyorini. (2012). Pengaruh mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien (di ruang rawat inap rumah sakit islam malang). Jurnal kesehatan.

Permenkes Nomor 64 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kesehatan

Perpres No. 18 tahun 2020 tentang RPJMN

PPNI. (2013). Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelenjutan ( PKB ) Perawat Indonesia. Jakarta: PPNI

Retnaningsih, E. (2013). Akses Layanan Kesehatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Satrianegara, M Fais. (2019). Buku Ajar Organisasi Dan Manjajemen Pelayanan Kesehatan Serta Kebidanan. Jakarta

Setyawan, D. (2016). Analisis Implementasi Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Pada Rsud Kardinah Tegal. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology)

Sumarni. (2017). Analisis Implementasi Patient Safety Terkait Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. JNKI (Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia)

Suptranto, J. (2015). Pengukuran Tingkat Kepusan Pelanggan Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. Jakarta : PT. Rineka Citra

Suryantoko, Agnes, Faisol, Achmad. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Guna Meningkatkan Mutu Pelayanan Di RUMKITAL Marinir Cilandak. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Syafrudin. (2017). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Untuk Bidan. Jakarta: CV. Trans Info Medika.

Pertiwiwati, Endang. (2018). Peran Komite Keperawatan terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan

Pohan, Imbalo. (2017). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta : EGC

Tambunan, R. M. (2013). Standard Operating Procedures (SOP). Jakarta: Maiestas Publishing.

Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Ahmad Fachrurrozi, Dimas Ageng Prayogo, & Dety Mulyanti. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Systematic Literature Review. JURNAL RISET RUMPUN ILMU KEDOKTERAN, 2(1), 123–134. https://doi.org/10.55606/jurrike.v2i1.1045

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.