PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN MELALUI VARIABEL MEDIASI WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT MASUK PONPES

Study Kasus Pada Pondok Pesantren Addinuriyah Dua Kecamatan Pedurungan Kota Semarang

Authors

  • Fathur Khoirurrofik Universitas PGRI Semarang
  • Bayu Kurniawan Universitas PGRI Semarang
  • Ika Indriasari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i1.986

Abstract

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of service quality and marketing mix through the Word of Mouth variable on interest in entering Islamic boarding schools (a case study at the Addainuriyah Dua Islamic Boarding School in Semarang) using the random sampling method on 167 students for the 2023 academic year. PLS-SEM (Partial) data analysis technique Least Square-Structural Equation Model) using the SmartPls 4.0 tool. The results showed that service quality had no effect on word of mouth, marketing mix had a significant positive effect on word of mouth, word of mouth had a significant positive effect on interest in entry, service quality had a significant positive effect on interest in entry, marketing mix had a positive effect Significantly on Intention to Enter, Service Quality mediated by Word Of Mouth has no effect on Intention to Enter, Marketing mix mediated by Word Of Mouth has a significant positive effect on Intention to Enter.

 

References

Agustin, R. P., Suparwo, A., Yuliana, W., Sunarsi, D., & Nurjaya. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya pada Word of Mouth Jasa. 4, 186–190.

Amiarno, Y. (2023). Bauran Pemasaran, Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Radioterapi. 01(03), 117–129. https://doi.org/10.53801/jphe.v1i3.20

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat beli Konsumen ( studi pada Villa Triviona di PT. Aek Nauli Medan). 10–33.

Fitra Rachmad Dinata Anton Eko Yulianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA ) Surabaya Pendahuluan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, e-ISSN: 2461-0593.

Imran, E. (2019). Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Dan Wom (Word Of Mouth) Sebagai Moderating Variable Pada Mahasiswa Akademi Kebidanan Salma Di Kabupaten Siak. Xiii(3), 65–76.

Widjaja, D., & Purnama, E. D. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Perguruan Tinggi (Studi Pada Mahasiswa Ukrida & Untar). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 16(2), 119–216.

Buku :

Ghozali, I. (2021). Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.29. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Konferens Paper :

Afiatmaja, B. R. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen di Usaha Dagang Mahmud Pati.

Anggara, A. (2018). Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Santri Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Sendang Drajat Jambon Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Devi, F. T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Home Industri Kerupuk Rambak UD.Intan Jaya Tulungagung). Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Dianova, E. (2021). Aplikasi online : electronic word of mouth (e-wom) , kualitas website dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen shopee di kota malang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardika.

Dinata, F. R., & Yulianto, E. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Word Of Mouth ( WOM ) Terhadap Minat Beli Ulang Pada Konsumen Cozy Living Interior Design Dan Furniture Contactor

Hidayat, M. R. (2023). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P, Citra Universitas Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Memilih Universitas Dinamika Dengan Minat Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Dinamika.

Ihwani, M. (2013). Pengaruh Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Santri Memilih Pondok Pesantren. In Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Irmawati. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth. July 2015.

Putri, A. (2023). Bauran Pemasaran Dalam Rangka Meningkatkan Minat Masuk Peserta Didik Di Pondok Pesantren Az-Ziyadah Jakarta Timur. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sekar, T., & Sukmawati, A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, bauran pemasaran dan lokasi terhadap minat menabung tabungan. November.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Khoirurrofik, F., Kurniawan, B., & Indriasari, I. . (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN MELALUI VARIABEL MEDIASI WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT MASUK PONPES : Study Kasus Pada Pondok Pesantren Addinuriyah Dua Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 2(1), 72–89. https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i1.986