Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Net Interest Perbankan Digital Sebagai Pemoderasi

Authors

  • Risa Verany Chaerunissa Universitas Trisakti
  • Muhammad Nuryatno Amin Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i2.1826

Keywords:

Dana, Net Interest, Perbankan Digital.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Net Interest Margin terhadap Profitabilitas dengan Layanan Perbankan Digital sebagai moderasi pada Perbankan yang terdaftar di BEI periode 2018-2022. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu analisis regresi linier berganda dan analisis regresi yang dimoderasi dimana data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan masing-masing melalui website IDX (www.idx.co.id) dan website perbankan. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan perbankan digital tidak secara signifikan memperkuat hubungan pihak ketiga dan margin bunga bersih terhadap profitabilitas. Bagi perbankan, digitalisasi dapat menghadirkan model bisnis yang efisien dan efektif serta diharapkan dapat meningkatkan jangkauan bank ke seluruh lapisan masyarakat dan meningkatkan profitabilitas. Namun penelitian ini tidak dapat membuktikan bahwa layanan perbankan digital dapat memperkuat hubungan pihak ketiga dan net interest margin terhadap profitabilitas. Penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi dan perbandingan bagi pihak-pihak yang akan melakukan penelitian selanjutnya. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran dan masukan bagi penyempurnaan kebijakan yang telah dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang membahas tentang layanan perbankan digital sebagai moderasi hubungan pihak ketiga dan net interest margin terhadap profitabilitas.

References

Kholis, N., Program, D., Manajemen, S., Dewantara, S., Raya, J., & Bojong, P. (2018). PERBANKAN DALAM ERA BARU DIGITAL (Vol. 12, Issue 1).

Hasibuan, E., Theresya, H., Gaol, L. F. L., & Sitepu, W. R. B. (2021). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Biaya Operasional Pendapatan Operasional, dan Loan to Deposit Ratio Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 2(2), 194–199.

Pengaruh Risiko Suku Bunga Bank Indonesia, A., Az-Zahra, R., & Yoga Pardistya, I. (2022). Published By STIE Amkop Makassar Analisis Pengaruh Risiko Suku Bunga Bank Indonesia dan Net Interest Margin terhadap Profitabilitas Bank Konvensional di Indonesia. Jurnal Mirai Manajemen, 7(1), 133–142.

Nainggolan, E. P., & Abdullah, I. (2019). Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Bank Milik Pemerintah tahun 2015 – 2018. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 19(2), 151–158.

Gunawan, D., Soleh, J., & Adrianto, N. (n.d.). Pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional, Non Performing Loan, Dan Net Interest Margin Terhadap Profitabilitas Bank BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2018 (Vol. 02, Issue 2).

Sriyono, S., & Nabellah, A. (2022). Can credit quality as a moderating variable in increasing profitability: study on conventional commercial banks listed on the Indonesia stock exchange. Jurnal Siasat Bisnis, 26(1), 23–35.

Sugiantari, N. L. P., & Dana, I. M. (2019). PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO, NET INTEREST MARGIN DAN INFLASI TERHADAP PROFITABILITAS. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6509.

Kadek Egi, N., Adiandari, A. M., Ekonomi, F., & Rai, N. (2020). Pengaruh Dana Pihak ketiga Non Performing Loan dan Suku Bunga Kredit terhadap Profitabilitas pada PT. BPR Suryajaya Ubud. Jurnal Logistik Indonesia, 4(2), 127–132.

Imamah, N., & Ayu Safira, D. (n.d.). PENGARUH MOBILE BANKING TERHADAP PROFITABILITAS BANK DI BURSA EFEK INDONESIA.

Putri Juleita, A., & Nawawi, A. (n.d.). PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, NON-PERFORMING LOAN, DAN NET INTEREST MARGIN TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM PEMERINTAH DI INDONESIA.

Sriyono, S., & Nabellah, A. (2022). Can credit quality as a moderating variable in increasing profitability: study on conventional commercial banks listed on the Indonesia stock exchange. Jurnal Siasat Bisnis, 26(1), 23–35.

Sugiantari, N. L. P., & Dana, I. M. (2019). PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO, NET INTEREST MARGIN DAN INFLASI TERHADAP PROFITABILITAS. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6509.

Downloads

Published

2023-11-07

How to Cite

Chaerunissa, R. V., & Amin, M. N. . (2023). Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Net Interest Perbankan Digital Sebagai Pemoderasi. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 2(2), 353–364. https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i2.1826

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.