PERAN PERAWAT DALAM KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH OTANAHA GORONTALO

Authors

  • Ayu Sutraviani Talib Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Sabirin B. Syukur Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Fadli Syamsudin Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Keywords:

Keselamatan Pasien, Peran Perawat.

Abstract

Keselamatan pasien dijadikan prioritas yang utama dalam pelayanan kesehatan dan pelayanan keperawatan sekaligus sebagai aspek paling penting dari manajemen yang berkualitas. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran perawat dalam keselamatan pasien. Desain penelitian deskriptif. Jumlah populasi sebanyak 34 perawat yang berada di ruang anak, bedah dan interna. Jumlah sampel sebanyak 34 perawat atau total sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran perawat dengan kategori baik sebanyak 31 orang, berdasarkan pada dimensi peran perawat care giver sebagian besar baik sebanyak 34 orang, dimensi coordinator sebagian besar baik sebanyak 31 orang dan dari dimensi collaborator sebagian besar baik sebanyak 31 orang. Rata-rata 34 orang perawat melakukan enam (6) goals patient safety. Sehingga disimpulkan bahwa sebagian besar peran perawat di RSUD Otanaha berada pada kategori baik dan melakukan enam (6) goals patient safety. Saran diharapkan perawat agar tetap melakukan enam (6) goals patient safety secara jujur demi keselamatn pasien serta untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik.

 

References

Wianti, A., Setiawan, A., Murtiningsih, M., Budiman, B., & Rohayani, L. Karakteristik dan Budaya Keselamatan Pasien terhadap Insiden Keselamatan Pasien. Jurnal Keperawatan Silampari, 5. https://doi.org/10.31539/jks.v5i1.2587. (2021).

Huriati, Shalahuddin, Hidayah, N., Suaib, & Arfah, A. Mutu pelayanan keselamatan pasien di rumah sakit. Forum Ekonomi, 24(1), 186–194.https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29264/jfor.v24i1.10572. (2022).

Wulandari, K., & Wahyudin, D. Bahan Ajar Kesehatan Lingkungan : Sanitasi Rumah Sakit (I). BPPSDMK Kemenkes RI. (2019).

Nurdin, D. A., & Wibowo, A. Open Acces. Jurnal Medika Hutama. (2021).

Pujilestari, A. Gambaran Budaya Keselamatan Pasien Oleh Perawat Dalam Melaksanakan Pelayanan Di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo. In Universitas Hasanuddin Fakultas Kedokteran Gigi Makassar. Universitas Hasanuddin. (2014).

Yustisia, Rintong dan Emi. Hubungan Karakteristik Dan Motivasi Perawat Dalam Penerapan Keselamatan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan. Indonesian Trust Health Journal, 3. (2020).

Cecillia Heni Agustinawati. Supervisi Kepala Ruangan dalam Menigkatkan Budaya Keselamatan Pasien. Jurnal Keperawatan Silampari, 4. (2022).

Nurjasmi. Mutu pelayanan keselamatan pasien di rumah sakit. Forum Ekonomi, 24(1). (2018).

Ghaisani. Identifikasi Pasien Berpengaruh terhadap Keselamatan Pasien. Journal Of Hospital Management, 2(2). (2022).

Arwinni. Keselamatan Pasien Dan Keselamatan Kesehatan Kerja Dalam Keperawatan (1 ed.). (2020).

Anggi. Sistem Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Di Sebuah Rumah Sakit Swasta Di Kudus. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 8(2). (2018).

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Ayu Sutraviani Talib, Sabirin B. Syukur, & Fadli Syamsudin. (2023). PERAN PERAWAT DALAM KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH OTANAHA GORONTALO. Journal of Educational Innovation and Public Health, 1(2), 91–101. Retrieved from https://prin.or.id/index.php/Innovation/article/view/934