Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penundaan Proses Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan
DOI:
https://doi.org/10.55606/innovation.v2i3.3026Keywords:
BPJS of Employment, Delay in JHT Claims, Participant SatisfactionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penundaan proses klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan. Pendekatan kualitatif digunakan dengan melakukan wawancara mendalam terhadap pegawai BPJS, peserta, dan pimpinan cabang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal seperti kurangnya kelengkapan dokumen, keterbatasan sumber daya manusia, dan gangguan sistem teknologi memiliki peran utama dalam menyebabkan penundaan klaim. Di sisi lain, faktor eksternal seperti perubahan regulasi pemerintah dan kurangnya informasi yang jelas kepada peserta juga berkontribusi terhadap penundaan tersebut. Dampak dari penundaan klaim ini sangat signifikan terhadap kepuasan peserta dan memerlukan perbaikan dalam manajemen administrasi klaim JHT. Berdasarkan temuan ini, disarankan untuk meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada peserta, memperkuat sumber daya manusia, meningkatkan keandalan sistem teknologi, serta mengembangkan mekanisme adaptasi terhadap perubahan regulasi guna meningkatkan efisiensi dan kepuasan dalam proses klaim JHT di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan.
References
BPJS Ketenagakerjaan;. (2022, Desember 26). Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Ingin Klaim JHT. Retrieved Juni 25, 2024, from bpjsketenagakerjaan.go.id: https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/artikel/17275/artikel-apa-yang-harus-saya- lakukan-jika-ingin-klaim-jht.bpjs.
BPJS Ketenagakerjaan;. (2023, Maret 30). Beda JHT dan JP. Retrieved Juni 2024, 22, from bpjsketenagakerjaan.go.id: https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/artikel/17422/artikel-beda-jht-dan-jp,-cari- tahu-informasi-selengkapnya-yuk!.bpjs
Megawati, L., & Pratiwi, R. D. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Pengembalian Berkas Persyaratan Klaim BPJS Pasien Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(1): 36-43.
Mirnawati. (2023). Prosedur Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) pada BPJS Ketenagakerjaan.Jurnal HEI EMA, 2(2): 69-79.
Mujiyati, & Aris, M. (2021). Seluk Beluk Perpajakan Indonesia Menuju UU Cipta Kerja. Surakarta: Muhammadiyah University Press
Putri, N. A., & Karjono. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pengajuan Klaim BPJS Kesehatan Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS Dr. Soetomo, 5(2)
Syah, D. W., & Batubara, M. (2024). Analisis Manajemen Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pratama Rantau Prapat. Jurnal Mimbar Administrasi, 31-41
Toti, Y. D., & Binsasi, E. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penundaan Proses Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan Cabang Belu Dengan Menggunakan Regresi Linear Berganda. Jurnal Saintek Lahan Kering, 6(1): 17-19
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Educational Innovation and Public Health
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.