Pengaruh Pengelolaan Waktu dan Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas PGRI Wiranegara

Authors

  • Arum Masyitoh Universitas PGRI Wiranegara
  • Sugeng Pradikto Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.55606/mri.v3i1.3442

Keywords:

Time Management, Organizational Involvement, Academic Performance, Students, Universitas PGRI Wiranegara

Abstract

This research aims to evaluate the impact of time management and activeness in organizations on the academic achievement of Economics Education students at PGRI Wiranegara University. Using a quantitative approach, data was collected through questionnaires given to 60 students and analyzed using the multiple linear regression method. The results of the analysis show that there is a significant positive relationship between good time management and active participation in organizations on student academic achievement. These findings emphasize the importance of personal discipline and extracurricular activities in supporting academic success.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, A. M. (2021). Pengaruh keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar PAI anggota IPNU-IPPNU Badegan pada tingkat SMA angkatan 2020/2021 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Amilia, S. B. (2020). Pengaruh keaktifan berorganisasi, lingkungan keluarga, dan manajemen waktu terhadap prestasi akademik mahasiswa aktif program studi manajemen tahun angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Gresik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Anatasya, E. P., & Sayekti, A. (2022). Pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi akademik pada mahasiswa aktivis di organisasi kemahasiswaan FEM IPB. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 19(2), 155-164.

Barr, F. D., & Harta, I. (2016, February). Analisis manajemen waktu organisasi dan kuliah aktivis mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 280-285).

Efendi, H. (2017). Hubungan keaktifan berorganisasi dengan tingkat manajemen waktu dan indeks prestasi kumulatif pada mahasiswa angkatan tahun 2013 di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Fadilah, L. (2022). Pengaruh manajemen waktu dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2019 FKIP Universitas Jambi (Doctoral dissertation, Pendidikan Ekonomi).

Fahriyanto, F. (2020). Pengaruh keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar mahasiswa. Ecodunamika, 3(1).

Gundo, E. S. (2018). Pengaruh keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW).

Hardiansah, M. F. (2019). Hubungan keaktifan berorganisasi dan budaya organisasi dengan prestasi akademik pengurus himpunan mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi periode 2017. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 3(1), 47-54.

Kurniati, R. A., Sudarno, S., & Setyowibowo, F. (2023). Pembelajaran daring dan manajemen waktu terhadap prestasi akademik mahasiswa pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(1), 1-9.

Kusbini, T. (n.d.). Pengaruh keaktifan berorganisasi, manajemen waktu, dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak). Jurnal Manajemen Update, 9(2).

Latifa, B. (2018). Hubungan antara manajemen waktu dan keaktifan dalam organisasi kemahasiswaan dengan prestasi belajar mahasiswa pengurus BEM rumpun teknik elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Nurrahmaniah, N. (2019). Peningkatan prestasi akademik melalui manajemen waktu (time management) dan minat belajar. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 149-176.

Pratiwi, S. S. (2017). Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), 54-64.

Renato, A. A., et al. (2024). Pengaruh keaktifan organisasi terhadap prestasi mahasiswa. Humanitis: Jurnal Homaniora, Sosial dan Bisnis, 2(5), 553-566.

Saksana, J. C. (2024). Analisis pengaruh motivasi belajar, kemampuan kognitif, dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara, 2(4), 160-169.

Saleh, M. (2014). Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus, dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik. Jurnal Phenomenon, 4(2), 109-141.

Setiyani, L., & Gintings, A. (2019). Analisis kebutuhan fungsional sistem informasi pengelolaan skripsi. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1).

Sulaeman, A., & Purwanto, P. (2017). Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi himpunan mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran (HIMA ADP) dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNY. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 6(3), 296-305.

Zega, Y. X. G. H., & Kurniawati, G. E. (2022). Pentingnya manajemen waktu bagi mahasiswa dalam meningkatkan prestasi belajar di Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember. Metanoia, 4(1), 58-70.

Downloads

Published

2025-01-03